Puti Guntur Soekarno Bercerita Soal Kedekatannya Dengan Masyarakat Jawa Barat

"Hal itu diakui sendiri oleh beliau dalam pidato di Peringatan Nuzulul Quran di Kota Demak Jawa Tengah saat beliau masih menjabat sebagai Presiden RI,

Puti Guntur Soekarno Bercerita Soal Kedekatannya Dengan Masyarakat Jawa Barat
Istimewa
Puti Guntur Soekarno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di penghujung bulan ramadan Puti Guntur Soekarno menghadiri undangan silaturahmi Pondok Pesantren Manbahul Huda, Desa Cisambeg, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Selasa (20/6/20167).

 Dalam kesempatan silaturahmi yang dihadiri lebih dari seribu Jemaah serta simpatisan tersebut, anak dari Guntur Soekarnoputra tersebut bercerita soal kedekatan Bung Karno dengan penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Menurut cucu Soekarno tersebut ada cerita yang menyebutkan Bung Karno sendiri masih keturunan dari Sunan Kalijaga.

"Hal itu diakui sendiri oleh beliau dalam pidato di Peringatan Nuzulul Quran di Kota Demak Jawa Tengah saat beliau masih menjabat sebagai Presiden RI," kata Puti dalam keterangan yang diterima wartawan.

Dimana antara lain Bung Karno sambung Puti, bahwa beliau itu berasal dari darah keturunan Sunan Kalijaga (Solichin Salam: 1960) yang juga terdapat di Surat Kabar Sin Po Tanggal 13 April 1958 Th ke XL VIII/No.3703.

Lanjut Puti, di Jawa Barat ada seorang wali dan Syech yang terkenal yaitu Sunan Gunung Jati dan Syech Siti Jenar.

Sunan Gunung Jati sendiri setelah mengabdi di Kerajaan Demak kemudian menjadi pemimpin di Kerajaan Cirebon.

Konon Sunan Gunung Jati ini di masyarakat Sunda bisa cepat diterima karena adanya cerita bahwa beliau itu keturunan dari Nimas Rarasantang Putri dari Prabu Siliwangi yang diperistri Raja Mesir.

Prabu Siliwangi sendiri bergelar Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi yang merupakan Raja Kerajaan Sunda-Galuh yang telah menjadi satu dan berpindah ibukota kerajaan di Pakuan (Bogor saat ini) yang lebih terkenal dengan Kerajaan Pajajaran.

Sebelum menjadi Raja Besar dikenal dengan nama kecil Raden Pemanah Rasa, lahir dan tumbuh besar di sekitar Gunung Ciremai yang berada di wilayah Majalengka.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help