Mudik Lebaran 2017

Putri Gus Dur Menjawab Warganet Soal Presiden Jokowi Mudik Pakai Pesawat Kepresidenan

Presiden Jokowi dan istri mudik ke Solo menggunakam pesawat kepresidenan. Muncul debat apakah elok mengingat itu milik negara.

Putri Gus Dur Menjawab Warganet Soal Presiden Jokowi Mudik Pakai Pesawat Kepresidenan
SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR
Presiden Joko Widodo menaiki pesawat kepresidenan usai transit selama satu jam di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Senin (22/5/2017). Sebelum kembali ke Jakarta Presiden Joko Widodo singgah (transit) selama satu jam di Bandara SIM dalam perjalanan pulang dari Riyadh, Arab Saudi. SERAMBI/M ANSHAR 

Laporan Wartawan TribunWow.com, Dhika Intan

TRIBUNNEWS.COM - Idul Fitri 1438 Hijriah dirayakan pada Minggu (25/6/2017). Sebelum hari kemenangan tiba masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman alias mudik.

Hal tersebut juga dilakukan oleh sebagian besar pejabat publik.

Berkaitan dengan mudik lebaran, Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, sudah mengingatkan larangan menggunakan mobil dinas untuk pulang kampung.

(Ternyata Ada Kalimat yang Terpotong pada Kutipan Gus Dur, 'Tuhan Tidak Perlu Dibela')

Dikatakan Asman larangan ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 87/2005.

"Untuk penggunaan kendaraan dinas sudah diatur oleh peraturan menpan, itu sudah kita edarkan ke seluruh lembaga dan pemerintah daerah. (kecuali) Nanti tinggal kalau dapat izin dari pejabat pembina pegawainya itu, yang bertanggungjawab ke bawahnya," ujar Asman kepada wartawan, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Di sisi lain, tradisi mudik ternyata juga dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Ia mudik Jokowi sengaja pulang agar bisa sungkem langsung kepada ibundanya, Sujiatmi Notomihardjo.

Tak cuma itu, dalam kesempatan mudik kali ini, ayah tiga anak tersebut juga sempat membagikan sembako pada masyarakat sekitar kediamannya.

"Sudah (sungkeman) tadi," ujar Presiden Jokowi di sela acara pembagian sembako.

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved