Mudik Lebaran 2017

506 Ribu Kendaraan Masuk ke Jakarta Melalui Gerbang Tol Cikarang Utama Hingga H+4 Lebaran

"Diperkirakan 506 ribu kendaraan atau sekitar 59 persen kendaraan arus mudik telah kembali ke Jakarta dari total 857 ribu kendaraan sejak H-7 (18/6) h

506 Ribu Kendaraan Masuk ke Jakarta Melalui Gerbang Tol Cikarang Utama Hingga H+4 Lebaran
/JEPRIMA
Ilustrasi. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Imanuel Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak hari hari kedua Lebaran hingga H+4 Lebaran, 506 ribu kendaraan telah memasuki Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso menjelaskan Jumlah tersebut meningkat 34 persen dibanding total Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR) Normal sebanyak 376 ribu kendaraan.

"Diperkirakan 506 ribu kendaraan atau sekitar 59 persen kendaraan arus mudik telah kembali ke Jakarta dari total 857 ribu kendaraan sejak H-7 (18/6) hingga H+2," ujar Dwimawan, Sabtu (1/7/2017).

Dari jumlah tersebut, Dwimawan menjelaskan masih ada 41 persen kendaraan dari total arus mudik yang diprediksi akan kembali ke Jakarta antara hari ini, Sabtu (1/7/2017) hingga Senin (3/7/2017).

Jasa Marga telah menyiapkan strategi untuk menyambut peningkatan volume arus balik.

Khususnya arus kendaraan yang akan melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu melalui peningkatan kapasitas GT Cikarang Utama dengan mengoperasikan 31 gardu tol arah Jakarta.

Selain itu, Jasa Marga juga berkoordinasi dengan Kepolisian untuk mengurai kepadatan melalui penerapan contraflow pada titik-titik rawan kepadatan serta penutupan Tempat Istirahat/Pelayanan (TIP) yang rawan menyebabkan antrian kendaraan.

"Kami imbau pengguna jalan tol untuk dapat memastikan kecukupan perbekalan dan BBM," katanya.

Perbekalan BBM sangat pentuk untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kepadatan akibat rest area tertentu.

"Maka kami akan menutup rest area tersebut, hingga kepadatan mencair," ujar Dwimawan.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved