Mudik Lebaran 2017

Usai Lebaran, Diperkirakan Banyak Warga Pindah ke Kota, Ini Imbauan Mendagri

Namun begitu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepada mereka yang pindah ke kota untuk memastikan sudah memiliki pekerjaan.

Usai Lebaran, Diperkirakan Banyak Warga Pindah ke Kota, Ini Imbauan Mendagri
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Sejumlah pemudik duduk dipelataran Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2017). Usai lebaran, diperkirakan banyak warga dari kampung ke kota mencari pekerjaan. Mendagri imbau mereka punya pekerjaan jika ingin ke kota. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Arus urbanisasi usai lebaran dinilai tidak mungkin dicegah, mengingat warga yang berpindah menginginkan kehidupan yang lebih layak di Kota Besar seperti Jakarta.

Namun begitu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  Tjahjo Kumolo meminta kepada mereka yang pindah ke kota untuk memastikan sudah memiliki pekerjaan.

Serta, kata dia, sudah memiliki kepastian tempat tinggal yang akan dihuni, baik di rumah kerabat maupun di rumah kontrakan.

"Harus punya jaminan dulu pekerjaan, rumah misalnya, jadi tidak menimbulkan masalah baru di kota yang dituju," jelas Mendagri di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (3/7/2017)

Selain itu, dia juga meminta kepada warga yang melakukan perpindahan untuk membawa surat pindah dari daerah asal dan tertib administrasi.

"Harus bawa surat pindah dari daerah asal kalau memang sudah pasti, karena warga juga harus tertib administrasi," kata dia.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help