PDIP Merasa Tidak Ada Pertikaian dengan PAN

Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah merasa hubungan partainya dengan Partai Amanat Nasional (PAN) tidak terganggu.

PDIP Merasa Tidak Ada Pertikaian dengan PAN
ISTIMEWA
Ahmad Basarah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah merasa hubungan partainya dengan Partai Amanat Nasional (PAN) tidak terganggu.

Basarah mengaku bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat pernikahan putri Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nasir.

"Saya enggak merasa ada suasana yang memanas, antara PDIP dan PAN. Ada beberapa pembicaraan yang saya tangkap bahwa sebenarnya tidak ada masalah PAN dan pemerintah apalagi PAN dan PDIP," kata Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Basarah menegaskan koalisi PAN dengan pemerintah bukan partai pendukung. Sehingga terjadi perbedaan positioning. Ia mengatakan persoalan tersebut terletak pada hubungan PAN dengan Pemerintah.

"Bagi PDIP sebenarnya kalau referensinya pernyataan sekjen kami, sebenarnya beliau hanya berpendapat bagaimana seharusnya hubungan yang ideal antara partai pendukung pemerintah," kata Basarah..

"Pendapat itu jangan diterjemahkan sebagai sikap pertikaian di antara partai pendukung," tambah Keua Fraksi PDIP di MPR itu.

Basarah mengakui tidak ada undang-undang yang mengatur koalisi partai politik. Sehingga tidak ada norma hukum yang mengatur koalisi serta parameter sikap parpol terhadap dukungannya kepada pemerintah.

"Karena basisnya semata-mata basis etika politik. Etika politik ini harus dilihat dari kerangka yang lebih komprehensif. Kalau saya lihat yang terjadi antara PAN dan pemerintah terletak kurang efektifnya komunikasi yang dilakukan antara pemerintah dengan parpol pendukungnya termasuk PAN," jelas Basarah.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help