Manuver Politik

SBY-Prabowo Bertemu, Ini Tanggapan Sejumlah Pimpinan Partai Politik

Pertemuan elit Partai Demokrat dan Partai Gerindra tersebut membuka sinyal lahirnya poros politik baru di luar kubu koalisi pendukung pemerintah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertemuan politik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017) malam, disebut-sebut akan melahirkan poros politik baru menuju Pilpres 2019.

Dalam pertemuan semalam, Partai Demokrat dan Partai Gerindra sepakat mengadakan kerjasama politik.

Baca: Prabowo Subianto Temui SBY di Cikeas, Poros Baru Pilpres 2019?

SBY dan Prabowo Subianto bersepakat mengkritisi pengesahan UU Pemilu di DPR RI pada 20 Juli lalu.

Namun, pertemuan dua kingmaker di jagad politik nasional ini, tak serta merta menyepakati koalisi politik menuju pemilihan presiden 2019, juga nama capres maupun cawapres yang akan diajukan.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) beserta petinggi kedua partai memberikan keterangan kepada wartawan usai mengadakan pertemuan di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017) malam.
Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) didampingi petinggi kedua partai memberikan keterangan kepada wartawan usai mengadakan pertemuan di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017) malam. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Pertemuan elit Partai Demokrat dan Partai Gerindra tersebut membuka sinyal lahirnya poros politik baru di luar kubu koalisi pendukung pemerintah.

Akan tetapi, merujuk pada Pilkada DKI Jakarta lalu, baik Partai Demokrat maupun Partai Gerindra tidak berada dalam satu kubu, dan sebaliknya mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur masing-masing.


Manuver politik Partai Gerindra yang merapat ke Partai Demokrat dianggap komunikasi politik yang biasa oleh partai pendukung pemerintahan Jokowi-JK.

Pertemuan tersebut dinilai bukan upaya menjegal Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 nanti.


Lalu, bagaimana tanggapan para pimpinan partai politik atas pertemuan SBY dan Prabowo Subianto itu?

Berikut komentar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.

Simak dalam tayangan video di atas. (*)

Editor: Sapto Nugroho
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help