Bendera Merah Putih

Projo Ingatkan Malaysia: Jutaan Pahlawan Indonesia Gugur Membela Bendera Merah Putih

Insiden pemasangan bendera merah putih terbalik oleh panitia penyelenggara SEA Games di Malaysia, mendapat kecaman serius dari Projo

Projo Ingatkan Malaysia: Jutaan Pahlawan Indonesia Gugur Membela Bendera Merah Putih
ISTIMEWA
Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi (tengah)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Insiden pemasangan bendera merah putih terbalik oleh panitia penyelenggara SEA Games di Malaysia, mendapat kecaman serius dari Projo, organisasi garis keras pendukung Jokowi.

Ormas pendukung Jokowi ini mengecam insiden terbaliknya bendera Merag Putih yang tercetak di buku cendera mata pada pembukaan SEA Games 2017.

"Kami mengecam insiden tersebut. Siapapun yang bertanggung jawab terhadap pembuatan bendera Merah Putih terbalik itu harus meminta maaf, " ujar Budi Arie Setiadi Senin (21/8/2017).

"Pemerintah Malaysia harus mengusut tuntas dan menindak tegas pihak- pihak yang bertanggung jawab di balik kesalahan fatal terbaliknya bendera Merah Putih tersebut. Pemerinfah Malaysia harus meminta maaf kepada bangsa dan rakyat Indonesia ," tegas Budi.

Kemerdekaan yang didapat Indonesia, diperoleh tidak dengan cara gratis. Jutaan nyawa para pahlawan yang gugur untuk berkibarnya merah putih. Dan peristiwa itu, lanjutya, sangat menyakiti hati rakyat Indonesia.

Cerobohnya panitia penyelenggara Sea Games sehingga bendara Indonesia dipasang terbalik, katanya lagi, jelas mencederai solidaritas ASEAN. Kerja Panitia penyelenggara sangat tidak profesional. "Semoga ini bukan kesengajaan," kata Budi.

Menteri luar negeri Malaysia telah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia, atas insiden terbaliknya bendera Indonesia yang tercetak di buku cendera mata pada pembukaan SEA Games 2017.

"Kami, Pemerintah Malaysia, ingin menyampaikan permintaan maaf kami kepada pemerintah dan Rakyat Indonesia," kata Menteri luar negeri Malaysia Anifah Aman dalam sebuah pernyataan pada Minggu (20/8/2017).

Kesalahan itu terlihat dalam upacara pembukaan SEA Games di Kuala Lumpur pada Sabtu (19/8/2017), memicu protes di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help