Pemerintah Sisir Pulau Tidak Berpenghuni untuk Relokasi Narapidana

Duit yang dianggarkan untuk menyelesaikan permasalahan lapas yang kelebihan penghuni menurutnya mencapai kurang dari Rp 10 miliar.

Pemerintah Sisir Pulau Tidak Berpenghuni untuk Relokasi Narapidana
Tribunnews.com/ Nurmulia Rekso Purnomo
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyatakan lembaga pemasyarakatan (Lapas) saat ini kurang mampu menampung para narapidana.

Alhasil yang terjadi adalah 'overcapacity,' dan pemisahaan antar tahanan menjadi sulit.

Dalam rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, di komplek parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017), Wiranto menyebut yang terjadi adalah napi dari berbagai latar belakang, bisa berinteraksi.

Hal itu antara lain menyebabkan napi bertukar ilmu dan informasi terkait kejahatan.

"Banyak keluhan, lapas sudah merupakan sekolah geratis, sekolah geratis atau sekolah yang dibiayai pemerintah, untuk mencetak terorisme baru, sekolah unntuk mencetak agen-agen narkoba baru, karena penjaja narkoba, teroris, koruptor maling ayam, campur jadi satu," katanya.

Lapas-lapas yang ada saat ini adalah peninggalan Belanda. Saat dibangun lapas tersebut berada di pinggir kota, seperti di Cipinang, Jakarta dan Sukamiskin, Bandung.

Seiring perkembangan kota, lapas-lapas tersebut menjadi seperti di tengah kota. Sehingga terjadi interaksi dengan masyarakat, yang tidak diinginkan oleh pemerintah.

Namun demikian relokasi lapas yang ada bukanlah hal yang mudah menurut Wiranto, salah satu kendalanya adalah anggaran.

Duit yang dianggarkan untuk menyelesaikan permasalahan lapas yang kelebihan penghuni menurutnya mencapai kurang dari Rp 10 miliar.

Dalam rapat tersebut, anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang 'Pacul' Wuryanto, mengusulkan agar napi-napi tersebut dipindahkan penahanannya ke daerah perbatasan.

Mereka sedikit banyaknya bisa membantu pembangunan di pinggir Indonesia.

Wiranto menanggapi, bahwa pemerintah saat ini tengah menyisir sebagian dari 6 ribu pulau di Indonesia yang tidak berpenghuni.

Saat ini pemerintah tengah mencari pulau yang cocok, untuk dibangun lapas yang akan dihuni para napi dari lapas yang kelebihan penghuni.

"Kan di Indonesia ada tujuh belas ribu pulau, yang dihuni baru sebelas ribu, berarti ada enam ribu yang belum dihuni manusia, itu kalau dijadikan lapas bagus, kita sedang mencari dan mengevaluasi," katanya.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help