Korupsi KTP Elektronik

Politikus Golkar Ini Endus Kaitan Antara RUU Jabatan Hakim dengan Praperadilan Setnov

Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) mencurigai pertemuan di Surabaya itu berkaitan dengan gugatan praperadilan Setya.

Politikus Golkar Ini Endus Kaitan Antara RUU Jabatan Hakim dengan Praperadilan Setnov
IST
Demonstran yang menamakan diri Komunitas Pencita Keadilan di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 12 September 2017. Mereka berunjuk rasa terkait praperadilan Ketua DPR Setya Novanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mencurigai adanya indikasi keterkaitan antara RUU Jabatan Hakim yang telah disahkan dan menjadi agenda prioritas Dewan tahun ini dengan pengajuan gugatan praperadilan yang diajukan Ketua DPR Setya Novanto ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Salah satu isinya yang banyak diperbincangkan adalah pemangkasan usia pensiun hakim agung dari 70 tahun menjadi 65 atau 67 tahun sedangkan Ketua MA Hatta Ali sendiri kini berusia 67 tahun.

"Kami mencari informasi, dan ternyata betul itu sedang dibahas di DPR," ujar Doli, Rabu(13/9/2017).

Kecurigaan juga mencuat, salah satunya, karena dipicu pertemuan antara Setya Novanto dengan Hatta Ali dalam sidang disertasi politisi Partai Golkar Adies Kadir di Universitas 17 Agustus, Surabaya, Jawa Timur, pada 22 Juli 2017 silam.

Saat itu Hatta hadir sebagai penguji disertasi Adies.

Aktivis Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) Ahmad Doli Kurnia mencurigai pertemuan di Surabaya itu berkaitan dengan gugatan praperadilan Setya.

Mereka mengadukan kecurigaan mereka ke Komisi Yudisial.

Juru Bicara MA Suhadi membantah pertemuan di acara akademis itu berkaitan dengan kasus apa pun.

Suhadi menegaskan, dalam pertemuan di sela-sela sidang disertasi saat itu, Hatta Ali dan Setya Novanto juga tidak membicarakan rencana praperadilan yang bakal dilakukan Setya Novanto terkait kasus korupsi e-KTP.

"Nggak ada bicara tentang praperadilan," tegas Suhadi.

Halaman
12
Editor: Willy Widianto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help