Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Ikut Awasi Program Dana Desa

Di samping itu, dana desa ini juga dinilai sangat membantu pedesaan untuk dapat menggerakkan perekonomiannya.

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Ikut Awasi Program Dana Desa
Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa program dana desa memerlukan peran serta masyarakat dalam pengawasannya agar dapat berjalan optimal.

Di samping itu, dana desa ini juga dinilai sangat membantu pedesaan untuk dapat menggerakkan perekonomiannya.

Hari ini, Rabu, 18 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas yang membahas tentang optimalisasi dana desa ini digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca: Ditanya Soal Istilah Pribumi, Ini Jawaban Jokowi

Dalam pengantarnya, Presiden menjelaskan bahwa sebanyak 74.958 desa dan 8.430 kelurahan memerlukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Dengan pembangunan yang memanfaatkan dana desa tersebut, ia menginginkan roda perekonomian di desa bisa bergerak dengan tidak kalah cepatnya dibanding di perkotaan.

"Tahun 2015 telah kita berikan Rp20,76 triliun, tahun 2016 Rp46,98 triliun, tahun 2017 Rp60 triliun. Ini adalah jumlah yang sangat besar, sangat besar," kata Presiden Jokowi.

Namun, kepada jajarannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan bahwa pemerintah harus memastikan bahwa pemanfaatan dana tersebut ke depannya dapat berjalan dengan optimal di lapangan.

Hal pertama yang harus dipastikan ialah mengenai pemanfaatan untuk hal-hal produktif bagi perekonomian desa.

"Pertama, untuk hal-hal yang produktif yang bisa langsung membuka lapangan pekerjaan. Kita harapkan semua yang dikerjakan di desa dilakukan dengan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan di desa," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help