Kowani Sambut Kunjungan Delegasi Okayama 'Asia Womens Exchange Delegation Group'

"Yang dikemudian hari untuk kemajuan kedua organisasi untuk kepentingan perempuan serta anak-anak," kata Giwo dalam keterangannya.

Kowani Sambut Kunjungan Delegasi Okayama 'Asia Womens Exchange Delegation Group'
Ist/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyambut kehadiran Okayama-Asia Womens Exchange Delegation Group 2017 di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Ketua Umum Kowani Dr. Giwo Rubianto Wiyogo berharap pertemuan ini dapat membuka jalan dan kesempatan antara Kowani dan dan Okayama-Asia Womens Exchange Delegation Group untuk dapat bersinergi serta bertukar informasi melalui kerjasama yang dapat terjalan baik formal maupun informal.

"Yang dikemudian hari untuk kemajuan kedua organisasi untuk kepentingan perempuan serta anak-anak," kata Giwo dalam keterangannya.

Kunjungan Okayama-Asia Womens Exchange Delegation Group dipimpin langsung Hiroko Katayama.

Pada kesempatan itu, Giwo menjelaskan soal Kowani.

Kowani adalah federasi organisasi perempuan yang tertua dan terbesar di Indonesia.

Baca: Kowani Ikut Mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Bahkan menurut president dari International Council of Women, Kowani adalah federasi organisasi terbesar di dunia.

Sekarang Kowani mewadahi 91 organisasi perempuan yang mempunyai lantar belakang lintas sector antara lain, organisasi agama, organisasi sosial, organisasi profesi, organisasi isteri profesi, organisasi pemuda serta organisasi istri polisi dan angkatan bersenjata Republik Indonesia.

"Jika pada masa lalu tugas Kowani adalah membantu perjuangan kemerdekaan maka pada masa sekarang Kowani tetap berjuang yaitu dalam mengisi kemerdekaan melalui pemberdayaan dan perlindungan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan dan anak dalam segala bidang terutama bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan hidup yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan, sosialisasi, advokasi dan informasi," ujar Giwo.

Menurut Giwo, dalam bidang pendidikan Kowani menitikberatkan perhatiannya pada pendidikan usia dini dan juga ketahanan keluarga.

Dalam bidang kesehatan, kerjasama yang terjalin dengan pemerintah dalam mendukung program gerakan masyarakat sehat melalui kampanye budaya hidup sehat berupa gerakan yang mengajak serta memotivasi agar masyarakat terlibat aktif untuk selain memiliki kebiasaan dan perilaku hidup yang sehat dimulai dari tiga indikator yakni, meningkatkan aktifitas fisik setiap hari, konsumsi buah dan sayur dan periksa kesehatan secara berkala tanpa harus menunggu sakit dulu.

"Kowani juga sangat peduli dalam usaha penurunan angka kematian ibu melahirkan yang masih sangat tinggi di Indonesia yaitu 305/100.000 kelahiran hidup dengan Kampanye Ibu Sehat Indonesia sehat melalui jalan sehat yang telah dilakukan setiap tahun selama 2 tahun terakhir," ujarnya.

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help