Berbagai Pihak Terlibat Dalam Kemajuan Pendidikan Islam

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menggelar Apresiasi Pendidikan Islam (API).

Berbagai Pihak Terlibat Dalam Kemajuan Pendidikan Islam
Istimewa
Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menggelar Apresiasi Pendidikan Islam (API).

Rencananya acara tersebut akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di International Convention Exhibition (ICE), Kamis (23/11/2017).

Kepala Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, M. Munir mengatakan kontribusi Pendidikan Islam dalam proses pencerdasan masyarakat dan pembangunan bangsa adalah fakta yang sangat terukur dewasa ini.

Berdasarkan indikator-indikator pembangunan bidang pendidikan, kata Munir, kemajuan tercermin secara jelas terutama pada peningkatan angka partisipasi penduduk usia sekolah yang mendapatkan layanan pada satuan-satuan pendidikanIslam.

"Kemajuan yang sangat penting ialah peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan Islam," kata Munir dalam keterangan tertulis.

Baca: PM Najib: Terima Kasih Indonesia, Sudah Dua Tahun Malaysia Tidak Alami Jerebu

"Dari tahun ke tahun,semakin banyak civitas pendidikan Islam, dari siswa hingga pendidik dan tenaga kependidikan, yang menorehkan prestasi dalam berbagai kompetisi pada tingkat nasional dan internasional," tuturnya.

Munir mengatakan kemajuan pendidikan Islam juga tidak dapat dicapai tanpa peran para pendidik dan tenaga kependidikan.

Mereka yakni guru, ustaz, dosen, pengawas, tenaga administrasi, kepala sekolah, kyai, pemerintah daerah, dunia usaha, media massa, lembaga mitra dan lainnya.

"Atas kerja keras dan dedikasi para pendidik dan tenaga kependidikan dan stakeholder inilah satuan-satuan pendidikan Islam dapat secara konsisten menyediakan layanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau bagi berbagai lapisan masyarakat," ungkapnya.

Munir menuturkan Ditjen Pendidikan Islam secara rutin menyelenggarakan Apresiasi Pendidikan Islam (API).

Baca: Respon Luhut Soal Golkar Tunjuk Plt Pimpinan DPP

Acara tersebut untuk memberikan penghargaan tertinggi kepada individu maupun institusi yang telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam upaya-upaya memajukan pendidikan Islam.

Penghargaan API 2017 secara umum diberikan kepada pihak internal dan eksternal Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

"Kedepan, Apresiasi Pendidikan Islam (API) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam diharapkan terus berkembang," Munir.

Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved