Inilah Nama Perwira TNI AU yang Berpeluang Jadi KSAU Gantikan Marsekal Hadi

Hingga kini masih terdapat para perwira yang lebih 'senior' dari Marsekal Hadi. Mereka berasal dari lulusan Akabri Udara 1983, 1984, dan 1985.

Inilah Nama Perwira TNI AU yang Berpeluang Jadi KSAU Gantikan Marsekal Hadi
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I, gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017). Marsekal Hadi Tjahjanto diajukan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Jika Marsekal Hadi nanti ditetapkan sebagai Panglima TNI, otomatis "kursi" KSAU yang selama ini didudukinya menjadi kosong dan harus diisi oleh perwira TNI AU lainnya.

Baca: Gatot Beberkan Alasan Jokowi Memilih Hadi Tjahjanto Sebagai Panglima TNI

Marsekal Hadi sendiri merupakan alumni Akabari Udara (AAU) Tahun 1986. Saat dipilih presiden awal 2017, ia menggantikan Marsekal (Purn) Agus Supriatna yang merupakan alumni Akabri Udara 1983.

Hingga kini masih terdapat para perwira yang lebih 'senior' dari Marsekal Hadi. Mereka berasal dari lulusan Akabri Udara 1983, 1984, dan 1985. Itu belum termasuk para perwira '86 yang merupakan teman seangkatan Hadi Tjahjanto.

Siapa saja yang nantinya akan berpeluang menjadi KSAU menggantikan Marsekal Hadi? Berikut Tribunnews merangkum para perwira yang berpeluang jadi KSAU berdasarkan angkatan kelulusan mereka di Akabri Udara

Alumni 1986

Nama Marsekal Muda (Marsda) TNI Yuyu Sutisna disebut-sebut memiliki peluang terkuat untuk menggantikan Hadi sebagai KSAU. Marsda Yuyu dan Marsekal Hadi dikenal memiliki hubungan dekat. Keduanya pun berasal dari tahun kelulusan yang sama.

Marsda TNI Yuyu Sutisna
Marsda TNI Yuyu Sutisna ()

Apalagi Akabri 1986 dikenal sebagai angkatan yang solid. Sejak Hadi menjabat KSAU, nyaris seluruh posisi strategis di TNI AU dijabat oleh para perwira lulusan tahun tersebut. Mulai Wakil KSAU, Irjen AU, hingga sejumlah Asisten KSAU.

Alumni 1985

Halaman
123
Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help