Erupsi Gunung Agung

BNPB: Hoax, Isu Gunung Agung Akan Meletus Besar!

Sutopo menegaskan, hingga saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi belum mampu dapat memprediksikan letusan gunung api secara pasti.

BNPB: Hoax, Isu Gunung Agung Akan Meletus Besar!
BNPB
Gunung Agung 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat tidak percaya pada banyaknya isu menyesatkan yang mengatakan Gunung Agung akan meletus besar.

"Itu adalah hoax," tegas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Jumat (8/12/2017).

Sutopo menegaskan, hingga saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi belum mampu dapat memprediksikan letusan gunung api secara pasti.

Kompleksitas yang dimiliki oleh gunung api menyebabkan sains vulkanologi hingga saat ini belum bisa didekati dengan metode deterministik (yang pasti-pasti).

Vulkanologi adalah sains yang didekati metode probabilistik (yang mungkin-mungkin), dimana unsur ketidakpastian harus selalu dimasukkan.

Baca: Gunung Agung Erupsi, BNPB Pastikan Tempat Wisata di Bali Aman

Hingga kini PVMBG terus melakukan pengamatan secara intensif baik pengamatan secara visual, kegempaan, deformasi, geokimia maupun dari satelit.

Jika ada peningkatan aktivitas yang membahayakan pasti pemerintah akan memberikan peringatan dini dan mengambil langkah-langkah penanganannya.

Memang ia sampaikan Gunung Agung pada Jumat (8/12/2017) pukul 07:59 WITA kembali terjadi erupsi dengan asap berwarna kelabu tebal, bertekanan sedang dan ketinggian sekitar 2.100 meter di atas puncak dengan condong ke arah barat.

Erupsi disertai dengan abu vulkanik. Erupsi hanya sesaat, tidak menerus.

Volume abu vulkanik yang keluar dari kawah masih sangat sedikit.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help