Gempa Bumi Guncang Jawa

3 Orang Tewas, 7 Luka Akibat Gempa Mengguncang Jawa

Di Kabupaten Tasikmalaya terdapat 72 rumah rusak berat, 37 rumah rusak sedang, dan 109 rumah rusak.

3 Orang Tewas, 7 Luka Akibat Gempa Mengguncang Jawa
TRIBUN JABAR/ANDRI M DANI
Sejumlah rumah mengalami kerusakan parah akibat guncangan gempa di Dusun Ciparakan Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Ciamis, Jumat (15/12/2017). Gempa bumi dengan kekuatan 6.9 Skala Richter mengguncang pulau Jawa bagian tengah dengan pusat gempa berada 11 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat di kedalaman 107 kilometer. TRIBUN JABAR/ANDRI M DANI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Darurat dampak gempa 6,9 SR yang mengguncang wilayah Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah terus dilakukan.

Jumlah korban jiwa dan kerusakan bangunan bertambah.

Hingga Sabtu (16/12/2017) pukul 14.00 Wib, terdapat 3 korban meninggal dunia dan 7 orang luka-luka akibat gempa.

Menurut informasi yang diperoleh Wartakotalive.com dari Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB sebanyak  228 rumah rusak berat, 152 rumah rusak sedang, 97 rumah rusak ringan, dan 473 rumah rusak yang belum diklasifikasikan ke dalam rusak berat, sedang dan ringan.

Akibat gempa 6,9 SR merusak ratusan rumah milik warga, Sabt (16/12/2017) (dok BNPB)
Selain itu juga terdapat sekolah, rumah sakit, dan kantor pemerintah yang rusak.

Tiga korban meninggal dunia adalah Ibu Aminah (80) warga Sugihwaras RT 02 RW 18, Kelurahan Kauman, Kota Pekalongan, Jawa Tengah; Hj. Dede Lutfi (62) warga Desa Gunungsahari RT 04 RW 02, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat; dan Fatimah (34) warga Dusun Jambon Desa Argosari Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta.

Korban Ibu Aminah dan Hj Dede Lutfi meninggal akibat tertimpa tembok rumah yang roboh.

Sedangkan korban Fatimah meninggal dunia saat panik terjadi gempa lari keluar rumah terjatuh, kemudian dibawa ke RS Mitra Sehat lalu meninggal dunia.

Baca: Satu Keluarga di Jakarta Barat Dibekuk Polisi karena Edarkan Narkoba

Kerusakan bangunan yang paling banyak terdapat di Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran yang memang paling dekat dengan pusat gempa.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved