Golkar Akan Pilih Kader Terbaiknya Jadi Ketua DPR, Ini Tiga Nama Calon Kuat

Dalam waktu dekat Golkar menentukan pengganti Setya Novanto sebagai ketua DPR. Kemungkinan sebelum masa reses DPR berakhir pada 9 Januari 2018.

Golkar Akan Pilih Kader Terbaiknya Jadi Ketua DPR, Ini Tiga Nama Calon Kuat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (kedua kanan) bersama Ketua Penyelenggara Rapimnas dan Munaslub Nurdin Halid (kanan) dan Wakil Sekjen Golkar Wakil Sekjen Golkar Sarmuji (kedua kiri) saat memimpin jalanya rapat paripurna II Munaslub Golkar di Jakarta Covention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (19/12/2017). Rapat paripurna Munaslub Golkar ini membahas padangan umum DPD I tiap-tiap provinsi. Nantinya akan ditentukan berbagai kebijakan-kebijakan yang ditentukan dan disetujui oleh peserta rapat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengurus DPP Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Opini Khalid Zabidi menyebut, dalam waktu dekat Golkar menentukan pengganti Setya Novanto sebagai ketua DPR.

Hal itu disampaikan pascadikukuhkannya Airlangga Hartanto sebagai ketua umum DPP Partai Golkar pada Munaslub kemarin.

"Kemungkinan sebelum masa reses DPR berakhir tanggal 9 Januari 2018," kata Khalid kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Menurutnya, pembahasan pergantian itu, sebagai kewajiban partai memenuhi hak politik dan kewajiban konstitusionalnya di lembaga negara.

"Golkar akan memilih kader terbaiknya menjadi Ketua DPR untuk menyelesaikan agenda-agenda nasional dan dapat bekerjasama dengan pemerintahan Jokowi-JK," katanya.

Dari nama-nama yang beredar, Golkar mencari figur yang paling mumpuni, mampu berkomunikasi lintas fraksi dalam lakukan kerja-kerja politik parlemen, dan memiliki komunikasi politik yang baik dengan istana.

"Ada tiga nama yang kuat didukung dari kalangan internal Golkar yakni Bambang Soesatyo, Azis Syamsudin dan Agus Gumiwang," kata Khalid.

Bambang Soesatyo, menurutnya, selain sudah berpengalaman dan memiliki komunikasi yang baik di parlemen, baik secara institusional antar fraksi, juga hubungan personal dengan sejumlah politisi nasional.

"Bahkan Bamsoet belakangan pernah di terima baik oleh istana khususnya saat acara FKPPI di Monas beberapa waktu yang lalu, tampak Jokowi nyaman," kata Khalid.

Nama Aziz Syamsuddin, merupakan kader muda potensial yang urung maju menjadi Caketum Golkar pada Munaslub lalu, sekarang sudah menduduki Ketua Banggar DPR RI yang telah lakukan kerja-kerja penganggaran yang lancar dan baik.

Posisi Ketua Banggar, kata Khalid, sudah tepat dipegang oleh Azis Syamsudin.

Agus Gumiwang Kartasasmita, saat ini menduduki posisi sebagai Sekretaris Fraksi Partai Golkar. Ia bisa lebih optimal perannya pada posisi Ketua Fraksi Partai Golkar untuk memimpin anggota Fraksi Partai Golkar.

"Terutama dalam mendukung dan mengawal program-program Pemerintah Jokowi-JK pada 1,5 tahun terakhir masa pemerintahannya," kata Khalid.(*)

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help