Peringati Hari Ibu ke-89 di Tanah Papua, Bukti Negara Hadir di Wilayah 3T

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara menggelar Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 di tanah Papua, tepatnya di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC)

Peringati Hari Ibu ke-89 di Tanah Papua, Bukti Negara Hadir di Wilayah 3T
Immanuel Nicholas Manafe
Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri memperingati hari ibu di Raja Ampat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara menggelar Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 di tanah Papua, tepatnya di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Acara bertema 'Perempuan Berdaya Indonesia Jaya' ini dihadiri pula oleh sejumlah menteri perempuan.

Baca: Hari Ibu, Partisipasi Perempuan di Dunia Politik Belum Sebanding Dengan Laki-laki

Salah satu menteri yang hadir adalah Menteri PPPA, Yohana Yembise. Yohana menyatakan kegembiraannya karena puncak PHI ke-89 bisa diselenggarakan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

“Puji syukur hari ini kita semua termasuk mama-mama Papua dapat memperingati Hari Ibu bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara," ujar Yohana, melalui keterangan tertulis, Jumat (22/12/2017).

Menurut Yohana, peringatan yang digelar di tanah Papua oleh Presiden Joko Widodo ini adalah bukti nyata bahwa negara hadir di wilayah 3 T, yakni tertinggal, terluar, dan terpencil.

"Ya, ini bukti nyata negara memang hadir untuk wilayah 3 T, tidak hanya di kota pusat dan besar saja," imbuhnya.

Ia berharap Hari Ibu mampu menjadi momentum untuk meningkatkan potensi perempuan Indonesia, mendorong kesetaraan gender.

Baginya, akan sangat bagus apabila masyarakat mampu memberi kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan untuk bekerja sama membangun bangsa dan negara.

"Selamat Hari Ibu untuk kita semua!” kata Yohana.

Acara PHI itu diisi berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat. Masyarakat yang hadir dari berbagai wilayah Indonesia disuguhi oleh berbagai kuliner, komoditi jualan pasar, hasil industri rumahan, hingga atraksi seni dan budaya yang ditampilkan oleh mama-mama Papua.

Menutup rangkaian kegiatan acara puncak PHI ke-89 Tahun 2017, Presiden Joko Widodo didampingi para menteri perempuan meninjau lokasi festival kuliner dan kerajinan tangan mama-mama Papua.

Hadir pula dalam acara itu, Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Menkes Nila Moeloek, dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Sementara, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Mensos Khofifah Indar Parawansa berhalangan hadir.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved