Tagline ''Golkar Bersih'', Pengamat Nilai Agus Gumiwang Bisa Jawab Tuntutan Itu

Partai Golkar akan memastikan nama untuk mengisi kursi Ketua DPR pada awal Januari.

Tagline ''Golkar Bersih'', Pengamat Nilai Agus Gumiwang Bisa Jawab Tuntutan Itu
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berjalan di luar ruang rapat sebelum memimpin jalanya rapat paripurna II Munaslub Golkar di Jakarta Covention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (19/12/2017). Rapat paripurna Munaslub Golkar ini membahas padangan umum DPD I tiap-tiap provinsi. Nantinya akan ditentukan berbagai kebijakan-kebijakan yang ditentukan dan disetujui oleh peserta rapat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar akan memastikan nama untuk mengisi kursi Ketua DPR pada awal Januari.

Penunjukkan nama tersebut, terlebih dahulu akan dibahas pada rapat pleno, sekaligus membahas sikap partai Golkar dalam Pansus Angket DPR untuk KPK.

"Insya Allah, minggu pertama Januari sekaligus menentukan calon ketua DPR pengganti pak setya Novanto," kata Ketua Harian DPP Golkar Nurdin Halid di DPP Golkar, Jalan Angrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (22/12/2017).

Saat ini terdapat tiga nama calon kuat untuk mengisi kursi Ketua DPR. ‎Mereka antara lain Aziz Syamsuddin, Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Bambang Soesatyo.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia ( Formappi) Lusius Karus mengatakan, Ketua DPR nantinya harus bisa menunjukkan dan merepresentasikan Golkar bersih.

"Penting bagaimana yakni slogan Golkar Bersih dari Ketum Golkar baru bisa langsung terlihat dalam keputusan Golkar memilih figur yang tepat untuk posisi Ketua DPR," ujar Lucius Karus, Jumat (22/12/2017).

Oleh karenanya, menurut Lucius,‎ dalam pemilihan Ketua DPR, Ketua Umum Golkar harus benar benar selektif dan dapat menghidarkan Golkar dari isu-isu tak sedap.

Tujuannya supaya energi Golkar dapat difokuskan untuk Pilkada Serentak 2018, Pileg 2019, serta Pilpres 2019.

Lucius berpendapat Agus Gumiwang yang dapat menjawab tuntutan 'Golkar Bersih'‎, sebagai ketua DPR.

"Saya tak bermaksud untuk mengunggulkan salah satu sembari 'menyingkirkan' dua calon lainnya, tapi pendapat saya pribadi, dari ketiga nama yang disodor mungkin Agus Gumiwang yang bisa menjawab tuntutan tagline Golkar Bersih itu," tandasnya.(*)

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help