Saiful Mujani Sebut Agus Gumiwang Cocok Pimpin DPR, Ini Alasannya

Menurut Saiful, Agus Gumiwang Kartasasmita dianggap cocok dipilih Golkar untuk posisi ketua DPR yang baru. Ada beberapa alasan yang dianggapnya...

Saiful Mujani Sebut Agus Gumiwang Cocok Pimpin DPR, Ini Alasannya
Tribunnews.com/Ferdinand Waskita
Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemilik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, mengatakan sosok Ketua DPR pengganti Setya Novanto, haruslah sosok yang bertolak belakang dan mampu memperbaiki citra parlemen.

Menurut Saiful, Agus Gumiwang Kartasasmita dianggap cocok dipilih Golkar untuk posisi ketua DPR yang baru. Ada beberapa alasan yang dianggapnya mendasar dan prinsipil.

Baca: Dampingi Bima Arya Dalam Pilkada Kota Bogor, Direktur KPK Mengundurkan Diri

"Pertama, dia kompeten dibanding kader Golkar pada umumnya. Kedua, saya tidak pernah mendengar ada kasus hukum yang menyebut namanya. Sikap politiknya cukup menekankan prinsip kepatutan dan prinsip good governance," kata Saiful kepada wartawan di Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Saiful menilai, ketegasan dan konsistensi Agus Gumiwang di mata Saiful juga sudah terbukti.

"Misalnya dalam pilpres 2014, Golkar mendukung Prabowo, Agus menentang dan bekerja untuk Jokowi karena kasus HAM Prabowo dinilai tak pantas untuk jadi kepala negara. Dalam pilkada DKI, Agus juga mendukung Ahok bukan yang lain karena dia menilai kinerja Ahok bagus. Ada konsistensi. Dan konsistensi ini adalah satu komponen penting dalam integritas politik," kata Saiful

Saiful menambahkan, Agus berani dan konsisten.

"Dia bahkan pernah dipecat sebagai anggota dan kader Golkar ketika dia tak mendukung keputusan Golkar yang mencalonkan Prabowo pada pilpres 2014 lalu," katanya.

Seperti diketahui, kosongnya jabatan ketua DPR rencananya akan segera ditunjuk oleh Golkar dalam masa sidang pembukaan pada 9 Januari 2018 mendatang.

Dewan Pimpinan Pusat partai Golkar di bawah Airlangga Hartarto menjanjikan akan mengirim nama ketua pengganti Setya Novanto pada awal Januari mendatang.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help