WNI Dirikan Sekolah di Arab Saudi, Anggota Komisi I Minta Dukungan Pemerintah

Menurut Arwani, upaya nyata tersebut semestinya mendapat dukungan dari pemerintah RI.

WNI Dirikan Sekolah di Arab Saudi, Anggota Komisi I Minta Dukungan Pemerintah
Wahyu Aji/Tribunnews.com
Arwani Thomafi 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekspresi nasionalisme warga negara Indonesia di luar negeri dilakukan dengan berbagai cara.  
Salah satunya mendirikan lembaga pendidikan yang diperuntukkan untuk warga negara Indonesia di luar negeri,  termasuk di Saudi Arabia.  
Anggota Komisi I  DPR RI Arwani Thomafi di sela-sela kunjungan ke Jedah,  Arab Saudi menyempatkan berkunjung ke Indonesian Islamic International School di Jeddah,  Sabtu (30/12/2017) sore waktu setempat bersama Dubes RI untuk Saudi Arabia Agus Maftuh Abegebriel.  
"Saya melihat merah putih berkibar di Saudi Arabia melalui komitmen warga negara Indonesia dengan mendirikan sekolah internasional yang diperuntukkan bagi WNI yang ada di Saudi Arabia," ujar Arwani melalui pesan elektronik,  Minggu (31/12/2017).
Ketua Fraksi PPP MPR RI ini menilai,  upaya warga negara Indonesia yang mendirikan lembaga pendidikan di luar negeri untuk anak-anak Indonesia yang turut orang tuanya di luar negeri merupakan ikhtiar untuk memupuk rasa nasionalisme di luar negeri.  
"Langkah ini merupakan upaya konkret untuk menjahit nasionalisme di luar negeri.  Kerja mereka sunyi,  namun nyata dalam mewujudkan sikap cinta tanah air,"  tambah Arwani.  
Menurut Arwani,  upaya nyata tersebut semestinya mendapat dukungan dari pemerintah RI.
Hal iu sebagai wujud komitmen negara dalam mengembangkan sikap nasionalisme termasuk di luar negeri.  
"Saya kira lembaga pendidikan yang dikembangkan dari inisiatif warga negara ini cukup banyak jumlahnya.  Pemerintah semestinya memberi dukungan baik dari sisi kurikulum termasuk dukungan pendanaan,"  tegas Arwani.  
Dalam kesempatan tersebut Arwani juga mengapresiasi Dubes RI untuk Saudi Arabia Agus Maftuh Abegebriel yang memiliki komitmen dukungan dan perhatian terhadap eksistensi lembaga pendidikan swasta di Jedah,  Saudi Arabia. 
 "Komitmen Dubes RI di Arab Saudi Bapak Agus Maftuh Abegebriel dalam mendukung lembaga pendidikan di Jedah khususnya dapat menjadi role model bagi dubes lainnya dalam mendukung lembaga pendidikan," tegas Arwani.  
Sementara Dubes RI untuk Saudi Arabia Agus Maftuh Abegebriel dalam kesempatan tersebut menegaskan komitmennya untuk mendukung ikhtiar warga negara Indonesia dalam mengembangkan pendidikan yang berkarater Indonesia di luar negeri.
"Saya sangat mengapresiasi setiap ikhtiar warga negara Indonesia yang mengembangkan lembaga pendidikan khusus untuk anak-anak WNI.  Karena fakta yang terjadi di luar negeri,  tidak sedikit anak-anak WNI tidak bisa bahasa Indonesia,  apalagi mengenal budaya dan mengembangkan faham nasionalisme, " tukas Agus. 
Indonesian Islamic International School di Jeddah didirikan Dr Elly Warti Maliky, MA,  alumnus Al-Azhar,  Kairo,  Mesir.  Sekolah untuk ekspatriat WNI di Jedah ini mendorong pembentukan karakter bagi anak-anak WNI agar cinta tanah air dan mengembangkan faham nasionalisme.
Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help