Pilkada Serentak 2018

Klaim SBY, Kader Partainya Ikuti 14 Gelaran Pilkada Serentak 2018

Dari 17 pilkada di 2018, hanya Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Sulawesi Selatan, Partai Demokrat tidak mengirim kadernya sendiri.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengklaim 14 dari 17 gelaran pilkada di tahun 2018 diikuti oleh kadernya.

Hal itu disampaikan SBY saat konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2018) sore.

“Dari 17 paslon cagub dan cawagub, 14 di antaranya diikuti kader kami sendiri, sekitar 82 persen. Enam ketua DPD, dua ketua DPC, 1 anggota DPR RI, dan 1 pengurus daerah. Kebanyakan merupakan petahana seperti di Papua, Lampung, dan Sumatera Selatan,” jelas SBY.

Dalam penentuan pasangan calon oleh Partai Demokrat, SBY tidak melulu memprioritaskan kadernya sendiri.

“Yang penting memiliki integritas, kecakapan sebagai pemimpin, dan elektabilitas. Kami tidak prioritaskan hanya sekedar kader tapi juga harus memenuhi unsur-unsur tersebut.”

“Kalau kader kami sendiri tidak memiliki elektabilitas dan tidak bisa menggalang dukungan dari partai maka percuma saja,” tegas SBY.

Dari 17 pilikada, hanya Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Sulawesi Selatan, Partai Demokrat tidak mengirim kadernya sendiri.

Sisanya, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua terdapat kader Partai Demokrat yang maju baik sebagai cagub maupun cawagub.

Berikut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Demokrat di 17 Pilgub 2018:

Halaman
123
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help