Kursi Stadion GBK Sulit Ditarik, Untuk Cegah Vandalisme

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) telah selesai direnovasi oleh pemerintah. Namun peresmiannya akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/1/201

Kursi Stadion GBK Sulit Ditarik, Untuk Cegah Vandalisme
TRIBUNNEWS.COM
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai Uji Coba Stadion GBK 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Stadion Gelora Bung Karno (GBK) telah selesai direnovasi oleh pemerintah. Namun peresmiannya akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/1/2018).

Dalam renovasi stadion GBK, kualitas kursi telah ditingkatkan sesuai standar aksesibilitas evakuasi. Jenis kursi dibedakan menjadi single dan lipat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg. Mengikuti standar FIFA, kursi-kursi tersebut tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Baca: Ini Ekpresi Fredrich Yunadi Saat Ditangkap KPK

“Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan dimana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” ujar Menteri Basuki, Jumat (12/1/2018).

Basuki memaparkan penggantian jenis kursi lebih baik karena bisa menambah daya tampung. Saat ini sudah ada 80.000 kursi terpasang di dalam stadion GBK.

Basuki menambahkan kualitas lapangan semakin baik. Hal ini dibuktikan Basuki mulai dari rumput yang digunakan merupakan rumput terbaik jenis zoysia matrella dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase anti banjir (zero run-off).

Baca: LIVE STREAMING Bayer Leverkusen Vs Bayern Munchen - Bundesliga 02.30 WIB, Tonton dengan 3 Link Ini

“Kualitas rumput Stadion GBK juga telah mendapatkan sertifikasi internasional. Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan atau pemanasan, itupun kualitas rumput imitasi terbaik,”jelasnya.

Renovasi SUGBK dilakukan sejak bulan Agustus 2016 dengan kontraktor PT. Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT. Penta Rekayasa Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 769,7 miliar. Sementara konsultan manajemen konstruksi adalah PT. Deta Decon dan PT. Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Samuel Febrianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help