Momen Haru Saat Menlu Serahkan 2 WNI Sandera Abu Sayyaf ke Pihak Keluarga

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyerahkan 2 WNI korban sandera kelompok Abu Sayyaf ke pihak keluarga di gedung Kementerian Luar Negeri, Pejamb

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyerahkan 2 WNI korban sandera kelompok Abu Sayyaf ke pihak keluarga di gedung Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa pagi (23/1/2018).

Kedua WNI adalah, La Utu bin Raali dan La Hadi bin La Adi asal Wakatobi, langsung diserahkan Menteri Retno kepada istri masing-masing yang didatangkan langsung dari Sandakan, Sabah, Malaysia.

Baca: Mabes TNI Memilih Tidak Laporkan Felicya Angelista ke Polisi

Retno menyampaikan sejak awal peristiwa penyanderaan pada 5 November 2016 lalu, Pemerintah Indonesia aktif menyampaikan komitmen dalam upaya pembebasan keduanya.

"8 November 2016, 3 hari setelah kejadian, saya mengunjungi ibu berdua di Sandakan untuk menyampaikan komitmen Pemerintah guna mengupayakan pembebasan Pak La Utu dan pak La Hadi," kata Retno pada keterangan yang diterima Tribun di Jakarta.

Lanjut Retno, hari ini menjadi hari pemenuhan janji Pemerintah RI untuk menyerahkan dua WNI dalam keadaan sehat wal afiat.

Baca: Curhat Pilu Istri Sys NS di Hari Kedua Kepergian Sang Belahan Jiwa

"Saya serahkan suami masing-masing dalam keadaan sehat wal afiat. Terima kasih atas kepercayaan, dukungan dan kerjasamanya kepada kami," pesan Menlu Retno kepada istri La Utu dan La Hadi.

Mantan Dubes RI untuk Belanda ini mengatakan pembebasan juga tak lepas dari peran dan dukungan TNI dan BIN.

"Pembebasan ini adalah hasil orkestra kemitraan yang sangat harmonis diantara berbagai instansi pemerintahan terkait, khususnya dengan TNI dan BIN", ujar Menlu Retno.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Samuel Febrianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help