Jokowi, Gunung Kerinci dan Rumah Gadang

Sejak saat itu, Jokowi mengaku jatuh cinta terhadap rumah gadang yang menjadi ciri khas tempat tinggal masyarakat Sumatera Barat

Jokowi, Gunung Kerinci dan Rumah Gadang
Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan jalur irigasi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (8/2/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Kekaguman Presiden Joko Widodo terhadap rumah gadang di Solok, Sumatera Barat, berawal saat dirinya akan mendaki Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, pernah didaki Jokowi bersama teman-temannya pada 1983.

Jokowi menceritakan, perjalanan ke Gunung Kerinci dilalui menggunakan bus dari Jawa Tengah selama tiga hari hingga akhirnya sampai Padang.

Sesampainya di ranah minang, mantan Walikota Solo tersebut melanjutkan perjalanan ke Solok Selatan menuju Sungai Penuh, Jambi, yang merupakan pintu masuk pendakian gunung tertinggi kedua di Indonesia.

"Saat itu, anak muda ini kagum akan rumah gadang yang ada di Solok selatan, dan saat itu anak muda tersebut yang ada di depan bapak-ibu semuanya," ujar Jokowi dihadapan tamu Hari Pers Nasional, kemarin.

Sejak saat itu, Jokowi mengaku jatuh cinta terhadap rumah gadang yang menjadi ciri khas tempat tinggal masyarakat Sumatera Barat‎, sehingga dirinya yang kini menjadi Presiden berupaya mempertahankan rumah adat tersebut tetap eksis hingga masa-masa mendatang.

"Kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali, sebagai bagian perawatan dari kekaguman tersebut, saya mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan," tutur Jokowi disambut tepuk tangan.

Instruksi revitalisasi rumah gadang, langsung disampaikan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berkunjung ke kawasan pariwisata Nagari Tuo Pariangan di Tanah Datar sebagai Desa Terindah.

‎"Tadi pagi saya sudah perintahkan Pak Menteri PUPR, Pak menteri tolong diselesaikan tahun ini," ucap Jokowi.

Revitalisasi bangunan dan lansekap baru kawasan tersebut, diyakini Jokowi akan menambah cantik kawasan tersebut sebagai kawasan cagar budaya dan destinasi wisata.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help