Jokowi Dipuji Asing Karena Potong Anggaran, Rizal Ramli: Ya Senang, Kan Aset Jatuh

"Yang kedua adalah, kalau ekonomi gara-gara pengetatan ini melambat atau stagnasi, harga aset 'kan jatuh. Asing seneng, dong,"

Jokowi Dipuji Asing Karena Potong Anggaran, Rizal Ramli: Ya Senang, Kan Aset Jatuh
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Rizal Ramli. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menurut pengamat ekonomi Rizal Ramli, pujian pihak asing soal langkah pengetatan anggaran yang dilakukan Presiden Joko Widodo tidak berarti perekonomian Indonesia sudah berhasil.

Rizal Ramli, dalam rekaman 'Jaya Suprana Show' yang diunggah Selasa (13/2/2018), menilai pengetatan anggaran yang dilakukan Pemerintah Indonesia justru memperlambat perekonomian.

Baca: Rizal Ramli: Wong Ekonomi Lagi Melambat, Anggaran Malah Diketatkan

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu meyakini hal tersebut malah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi menjadi stagnan.

"Istilah bahasa asingnya itu 'austerity program', program pengetatan. Pajak diuber, pengeluaran dikurangi. Ya, pasti makin stagnan," jelas Rizal Ramli.

Baca: Yusril Ihza Mahendra Berpeluang Dampingi Jokowi Dalam Pilpres 2019

"Sederhana saja, wong ekonomi lagi melambat, (malah) diketatkan," lanjutnya.

Rizal bercerita, Presiden Jokowi pernah bertanya kepada dirinya soal mengapa dirinya kerap dipuji pihak asing atas langkah pemotongan anggaran yang dilakukannya.

"Sederhana, karena kalau kita potong anggaran, (kita jadi) ada uang buat bayar cicilan utang ke mereka. Ya, mereka senang. Mereka nggak peduli pengusaha kita mengeluh, rakyat kita daya belinya menurun," ucap Rizal Ramli.

Halaman
12
Penulis: Ruth Vania C
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved