Mendagri: Geng Motor Minta Disahkan Jadi Ormas

Keberadaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) patut dicermati karena hampir ada 359 ribu ormas di Indonesia.

Mendagri: Geng Motor Minta Disahkan Jadi Ormas
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Mendagri Tjahjo Kumolo berbicara pada acara Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas di Jakarta, Sabtu (10/2/2018). Bawaslu, KPU dan perwakilan partai politik melakukan deklarasi yang merupakan komitmen untuk menciptakan setiap tahapan Pilkada 2018 bebas dari pengaruh politik transaksional dan penggunaan SARA dalam kampanye Pilkada. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keberadaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) patut dicermati karena hampir ada 359 ribu ormas di Indonesia.

"Ada sekitar 359.967 Ormas ada di Indonesia, mulai dari organisasi keagamaan, sampai geng motor pun minta disahkan jadi Ormas," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Baca: Geng Motor Beraksi di Bekasi, Seorang Pelajar Bersimbah Darah Dibacok

Ia menjelaskan bahwa yang harus dicermati adalah setiap masyarakat di lindungi oleh UUD 45 untuk bebas berserikat, berhimpun, dan mendirikan organisasi.

Namun Tjahjo Kumolo menekankan bahwa Ormas harus patuh terhadap Pancasila, UUD 45, dan Bhieneka Tunggal Ika.

"Mereka boleh berorganisasi asal inget sama Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 45, dan Bhieneka Tungga Ika. Untuk kegiatannya setiap organisasi pasti beragam", kata Tjahjo Kumolo

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help