Pemilu 2019

Empat Parpol Baru Ditetapkan Sebagai Peserta Pemilu 2019

Empat partai baru, yaitu Partai Perindo, PSI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Empat Parpol Baru Ditetapkan Sebagai Peserta Pemilu 2019
Glery Lazuardi/Tribunnews.com
KPU 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak empat partai politik baru dinyatakan memenuhi syarat menjadi partai politik peserta Pemilu 2019.

Pengumuman itu disampaikan KPU saat membacakan ketetapan hasil verifikasi faktual terhadap partai politik di Hotel Mercure, Jakarta, Sabtu (17/2/2018).

Pengumuman dipimpin Ketua KPU Arief Budiman. Hasil verifikasi partai politik dibacakan berdasarkan urutan partai politik. Data dari seluruh provinsi ditampilkan di layar. Pengumuman tiap-tiap partai dibacakan secara bergantian oleh komisioner KPU.

Empat partai baru, yaitu Partai Perindo, PSI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Selain itu, 10 parpol lainnya juga telah dinyatakan memenuhi syarat, yaitu PAN, PDIP, Demokrat, Gerindra, Partai Golkar, Hanura, PKS, PKB, Nasdem, dan PPP.

Baca: Lolos jadi Peserta Pemilu, Ini Instruksi Megawati untuk PDI Perjuangan

"Memenuhi syarat," tutur Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Mercure, Jakarta, Sabtu (17/2/2018).

Sebanyak 14 parpol dianggap memenuhi syarat verifikasi di tingkat DPP, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Sementara itu, dari 16 parpol yang menjalani tahapan verifikasi hanya ada 2 partai yang tidak lolos, yakni PBB dan PKPI.

PBB dan PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat sebaran keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota masing-masing 34 provinsi di Indonesia. PBB dan PKPI merupakan partai lama yang ikut di Pemilu 2014.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved