Bencana Longsor

Situasi Terakhir Banjir dan Longsor di Jawa Barat dan Jawa Tengah

Banjir dan longsor terjadi di sejumlah tempat di Jawa Tengah dan di Jawa Barat beberapa hari terakhir.

TRIBUN-VIDEO.COM -  Banjir dan longsor terjadi di sejumlah tempat di Jawa Tengah dan di Jawa Barat beberapa hari terakhir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho,  mengatakan sampai saat ini pencaraian,  penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes masih dilakukan.

"Pencarian sulit dilakukan, karena medan yang berat," ujarn Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Sementara di wilayah utara Brebes dilanda banjir, di Kecamatan Losari banjir masih merendam ribuan rumah. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Cisanggarung dan sebagian tanggul jebol.

Hingga saat ini dampak longsor di Brebes tercatat tujuh orang meninggal dunia, 13 orang hilang dan lima orang masih dirawat di rumah sakit.

Sekitar 600 personil tim SAR gabungan masih berada di lokasi longsor, untuk mencari korban yang masih hilang.

Di tempat lain, gerakan tanah atau longsor masih berlangsung di empat Kecamatan di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.

Sebanyak 98 KK atau 358 jiwa, terancam longsor. Tercatat sebanyak 407 orang sudah mengungsi ke tenda pengungsian, rumah saudaranya, dan gedung pertemuan desa.

Empat kecamatan yang terancam longsor adalah:  Kecamatan Purwantoro Desa Sumber Dusun Sumber dan Dusun Galih, longsor mengancam 28 KK 88 jiwa, Kecamatan Kismantoro Desa Gedawung, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Manyaran 

Banjir besar juga melanda wilayah di Kabupaten Cirebon pada Jumat (23/2) siang.

Halaman
123
Editor: Nurmulia Rekso Purnomo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help