Pilkada Serentak

Sejumlah Calon Kepala Daerah Peserta Pilkada 2018 Bakal Jadi Tersangka

Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan ada beberapa calon kepala daerah peserta Pilkada Serentak 2018 hampir dipastikan bakal jadi tersangka.

Sejumlah Calon Kepala Daerah Peserta Pilkada 2018 Bakal Jadi Tersangka
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Ketua KPK Agus Rahardjo (kiri) dan Kepala PPATK Agus Badarudin keluar dari gedung KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2018) usai Rakor yang membahas peningkatan penindakan tindak pidana pencucian uang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan ada beberapa calon kepala daerah peserta Pilkada Serentak 2018 hampir dipastikan bakal jadi tersangka.

Kini, tim KPK tinggal menyelesaikan proses administrasi penerbitan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik).

Demikian disampaikan Agus Rahardjo melalui pesan singkat, Kamis (8/3/2018).

"Tinggal 10 persen itu proses administrasi keluarnya sprindik dan diumumkan," ujar Agus.

Agus menjelaskan, maksud pernyataan dia sebelumnya perihal 90 persen terkait sebagian kepala daerah yang akan menjadi tersangka adalah kisaran persentase proses penanganan perkara di KPK.

Ia menjelaskan, KPK telah lama melakukan penyelidikan terhadap adanya unsur pidana korupsi yang melibatkan sejumlah kepala daerah.

Baca: Dokter Bimanesh Minta Perawat Pasang Infus Anak-anak ke Tangan Setya Novanto

Proses menuju penetapan tersangka sejumlah kepala daerah itu pun hampir rampung karena tinggal menyelesaikan proses adminitrasi penerbitan Sprindik.

"Beberapa peserta pilkada, most likely (90 persen) akan menjadi tersangka," kata Agus.

"Artinya 90 persen itu, terhadap beberapa calon tadi, penyelidikan sudah dilakukan lama, expose (gelar perkara) sudah dilakukan di hadapan pimpinan dan sudah disetujui oleh pimpinan untuk naik ke penyidikan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Abdul Qodir
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help