UU MD3

Sah, Ahmad Muzani, Ahmad Basarah, Muhaimin Iskandar jadi Wakil Ketua MPR

Dihadiri seluruh fraksi, kecuali fraksi PPP yang telah mengirim surat tidak hadir

Sah, Ahmad Muzani, Ahmad Basarah, Muhaimin Iskandar jadi Wakil Ketua MPR
Taufik Ismail/Tribunnews.com
Pelantikan Tiga Wakil Ketua MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (26/3/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat menggelar rapat paripurna pelantikan tiga wakil ketua MPR sebagai hasil dari revisi Undang-undang tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD ( MD3), Senin, (26/3/2018).

Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, didampingi sejumlah wakil Ketua MPR yakni Oesman Sapta Odang ( OSO) , Hidayat Nur Wahid, Mahyudin, Evert Ernest Mangindan.

Paripurna tersebut dihadiri 9‎ fraksi MPR dan kelompok DPD. Hanya Fraksi PPP yang tidak hadir dalam paripurna dengan agenda tunggal pengucapan sumpah janji wakil ketua MPR.

"Dihadiri seluruh fraksi, kecuali fraksi PPP yang telah mengirim surat tidak hadir," ujar Zulkifli Hasan dalam sidang.

Pelantikan ke-tiga pimpinan fraksi tersebut berdasarkan ‎petikan keputusan MPR nomor 7/2018 tentang penetapan penambahan Wakil Ketua MPR masa jabatan 2014-2019.

Baca: Gunakan Sistem Padat Karya, Kemendes Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa

Pelantikan tiga Wakil Ketua MPR tersebut diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Hata Ali.

Ketua MA mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia.

‎"Demi alllah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketua Majelis Permusayawaratn Rakyat dengan sebaik baiknya dan seadil-adilnya. Bahwa saya akan memegang teguh pancasila dan menegakkan Undang undang dasar republik Indonesia tahun 1945 serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi, serta berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat, dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,"‎ ucap sumpah ketiga Wakil ketua MPR secara serentak.

Setelah membacakan sumpah ketiganya lalu menandatangani ‎ berita sumpah, dilanjutkan pemberian ucapan selamat oleh ketua MA dan disusul oleh para Pimpinan MPR.

Setelah pemberian selamat, ketiga wakil Ketua MPR yang baru tersebut lalu berfoto bersama pimpinan lainnya.

"Kami atas nama majelis selamat datang dan selamat bertugas," kata Zulkifli usai pelantikan.

Sejumlah pejabat hadir dalam pelantikan pimpinan MPR tersebut. Mereka diantaranya Ketua Mahkamah Konstitusi ( MK) Arief Hidayat, Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari‎, Menko PMK Puan Maharani, Menkumham Yasonna Laoly, Menaker Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, dan politisi Gerindra s‎ekaligus Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved