Sukmawati: Saya Putri Bung Karno, Tak Mungkin Menghina Umat Islam Indonesia

Sukmawati Soekarnoputri mengatakan dirinya tidak memiliki maksud untuk menghina umat Islam Indonesia

Sukmawati: Saya Putri Bung Karno, Tak Mungkin Menghina Umat Islam Indonesia
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Putri Presiden pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri memberikan keterangan kepada wartawan terkait puisi Ibu Indonesia yang dibacakannya di Jakarta, Rabu (4/4/2018). Dalam keterangannya, Sukmawati memimta maaf kepada berbagai kalangan khusunya dikalangan umat Islam terkait kontroversi puisi Ibu Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Soekarnoputri'>Sukmawati Soekarnoputri mengatakan dirinya tidak memiliki maksud untuk menghina umat Islam Indonesia dalam karya puisi buatannya yang berjudul “Ibu Indonesia”.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers yang digelarnya di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018).

“Saya pribadi tidak memiliki niat untuk menghina umat Islam Indonesia melalui puisi “Ibu Indonesia”. Saya adalah seorang muslimah yang bersyukur dan bangga atas keislaman saya,” katanya.

“Saya adalah putri Bung Karno yang juga merupakan tokoh Muhammadiyah dan diberi gelar oleh ulama NU (Nahdlatul Ulama) sebagai Waliyul Amri Ad Dharuri Bi As Syaukah atau pemimpin pemerintahan di masa darurat yang kebijakannya mengikat secara de facto dengan kekuasaan penuh,” tegas Sukmawati.

Dalam konferensi pers itu Sukmawati juga mengungkapkan permintaan maaf jika puisinya tersebut memantik kontroversi terutama bagi umat Islam.

Sukmawati juga tampak mengucapkan permintaan maaf dengan mata berkaca-kaca disertai suara yang lirih seakan menahan tangis.

“Merdeka! Sehubungan dengan pro dan kontra mengenai puisi “Ibu Indonesia” yang saya bacakan dalam acara 29 tahun Anne Avantie Berkarya di ajang Indonesia Fashion Week 2018 dengan ini saya bermaksud memberikan klarifikasi.”

“Sebelumnya karena karya sastra puisi “Ibu Indonesia” ini telah memantik kontroversi terutama di umat Islam, dari lubuk hati paling dalam saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua elemen bangsa Indonesia yang merasa tersinggung dengan puisi tersebut,” ucapnya.

Sukmawati juga menjelaskan bahwa puisi yang dibacakan dalam acara “29 tahun Anne Avantie Berkarya” di Indonesia Fashion Week 2018 itu merupakan salah satu karya yang ada dalam kompilasi buku “Kumpulan Puisi Ibu Indonesia”.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help