Kepala Bappenas Siapkan Indonesia Jadi Negara Inovasi

Bambang Brodjonegoro akan menyiapkan Indonesia di tahun 2045 saat Indonesia 100 tahun merdeka menjadi negara maju dengan industri yang inovatif.

Kepala Bappenas Siapkan Indonesia Jadi Negara Inovasi
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Menteri/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (51) akan menyiapkan Indonesia di tahun 2045 saat Indonesia 100 tahun merdeka menjadi negara maju dengan industri yang inovatif.

"Pada dasarnya negara akan maju antara lain karena dua hal pokok ini yang kini sedang kita siapkan dan matangkan lebih lanjut yaitu infrasruktur dan manufakturnya," kata Menteri Bambang kepada Tribunnews.com di Tokyo, Jepang, Jumat (20/4/2018).

Melalui lembaganya yang menjadi perencana pembangunan nasional (Bappenas), Menteri Bambang ingin mencontoh Jepang yang telah sukses dalam membentuk sistem kerja dan pembangunan infrastruktur maupun manufakturnya.

Baca: Guru Tampar Siswa Sudah Dinonaktifkan, Sekolah Tunggu Proses Penyelidikan Polisi

"Kita bisa lihat Jepang yang berkualitas infrastrukturnya dan memiliki kompetisi global yang baik dalam manufakturnya, sehingga Jepang bisa maju seperti sekarang," kata Bambang.

Melihat kemajuan Jepang tersebut sudah jelas dan bukti konkrit adanya pola Jepang yang berhasil menerapkan sistem unggulannya sehingga Jepang bisa seperti sekarang.

"Dengan bukti konkrit itulah Indonesia mungkin bisa mencontoh Jepang baik infrastruktur maupun manufakturnya. Bahkan kita harus juga menjadi negara yang bukan saja kuat dalam dalam manufaktur, tetapi juga di tahun 2045 bisa menjadi negara inovatif dalam manufaktur," ujarnya.

Baca: Detik-detik Hamciah Manik Istri Bos Miras Oplosan Pingsan

Dengan tujuan menyiapkan Indonesia mencapai 2045 mendatang, Bappenas berharap kerja sama pula semua pihak dan negara lain agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Yang dengan infrastruktur mapan berbasis industri manufaktur inovasi dan tidak menjadi negara yang sekadar pembuat," kata Bambang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help