Enam Pencapaian yang Berhasil Diraih BPKH Selama Satu Tahun

Sejak dibentuk melalui Peraturan Presiden No 110 Tahun 2017, BPKH mencatat ada enam pencapaian yang telah diraih dalam kurun waktu setahun

Enam Pencapaian yang Berhasil Diraih BPKH Selama Satu Tahun
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Bendahara Umum PP Muhammadiyah Anwar Abbas, Ketua Dewan Pengawas BPKH Yuslam Fauzi, dan Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu dalam acara milad ke-1 Badan Pengelola Keuangan Haji di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamis (7/6/2018) Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meyelenggarakan acara milad pertama, sekaligus buka bersama sejumlah stakeholder di Hotel Grand Sahid Jaya di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Sejak dibentuk melalui Peraturan Presiden No 110 Tahun 2017, BPKH mencatat ada enam pencapaian yang telah diraih dalam kurun waktu setahun.

Enam capaian itu berhasil direngkuh melalui pengelolaan keuangan haji yang berasaskan pada prinsip syariah, prinsip kehati-hatian, memberi manfaat, prinsip nirlaba, transparan, dan akuntabel yang bertujuan meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, rasionalitas dan efisiensi penggunaan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) serta manfaat bagi kemaslahatan umat Islam.

“Pencapaian pertama adalah penunjukan 31 Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH dan 15 manajer investasi; kedua persetujuan rencana strategi 2018-2022 dan rencana kegiatan anggaran tahunan 2018 oleh Komisi VIII DPR RI; dan adanya MoU atau kerja sama keuangan haji dengan Kementerian Keuangan, Islamic Development Bank (IDB), Adahi-IDB, PINA-Bappenas, penjajagan kerjasama dengan pemilik hote dan katering di Arab Saudi,” ujar Ketua Dewan Pengawas BPKH Yuslam Fauzi.

Capaian keempat adalah efisiensi pengadaan Riyal dalam BPIH 2018; audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas biaya operasional BPKH tahun 2017 dengan opini tanpa temuan dan wajar; serta penyelesaian pengembalian biaya haji khusus tepat waktu.

Yuslam juga menjelaskan jumlah jemaah tunda yang berjumlah 3.824.691 jemaah dengan total dana yang dikelola BPKH adalah Rp 105.191.372.936.614,00.

Ia pun optimis BPKH mampu meningkatkan manfaat bagi penyelenggara ibadah haji dan memberikan maslahat bagi umat.

“Ke depan BPKH juga akan meningkatkan sinergi dengan stakeholder demi keberhasilan pelaksana tugas dan fungsi BPKH yang pada akhirnya meningkatkan pelayanan jemaah haji, target BPKH tahun 2018 juga melakukan rekrutmen dengan kebutuhan 78 orang, pengembalian haji khusus, dan lelang Riyal,” kata Yuslam.

Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Kementerian Agama Ramadhan Harisman, perwakilan Majelis Ulama Indonesia, perwakilan PBNU, perwakilan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan anggota Komisi VIII DPR RI Achmad Mustaqim.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help