Pilpres 2019

Koalisi PDIP-Gerindra Akan Terjadi, Bila Usung Jokowi Jadi Capres

Namun, itu hanya akan terjadi apabila pihak Gerindra mengusung calon presiden yang sama dengan PDIP, yakni Joko Widodo.

Koalisi PDIP-Gerindra Akan Terjadi, Bila Usung Jokowi Jadi Capres
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kemungkinan kerja sama atau berkoalisi dengan Partai Gerindra masih mungkin terjadi.

Namun, itu hanya akan terjadi apabila pihak Gerindra mengusung calon presiden yang sama dengan PDIP, yakni Joko Widodo.

"Peluang kerja sama dengan Gerindra hanya dimungkinkan bila bersama-sama punya capres yang sama. Kalau terkait dengan Pilpres. Itu hal yang prinsip kalau itu," ujar Hasto, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018).

Bila Gerindra tetap mengusung Ketua Umumnya, Prabowo Subianto sebagai capres, Hasto pun menyebut koalisi tersebut tak akan terjadi.

Meski demikian, dialog tetap bisa dilakukan antara keduanya. Pasalnya, ia menilai pertemuan dan dialog tetap bisa berjalan tanpa harus membangun koalisi dalam Pilpres.

Pernyataan Hasto ini juga merujuk kepada rencana pertemuan Menko PMK yang juga Ketua DPP PDIP non-aktif, Puan Maharani dengan Prabowo.

"Tapi kalau Gerindra mengusung capres yang berbeda sementara PDIP dengan pak Jokowi ya tentu saja kerja sama tidak bisa dilakukan. Tetapi dialog akan tetap bisa berjalan," kata pria kelahiran Yogyakarta itu.

"Pertemuan kan tidak harus membangun koalisi pilpres. Pertemuan itu untuk dialog. Untuk sama-sama berbicara tentang bagaimana masa depan bangsa dan negara. Kalau namanya berkompetisi kan juga ada aturannya," tandas Hasto.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved