Mudik Lebaran 2018

Jalur Pansela Bangkitkan Potensi Ekonomi Baru

Dengan pergerakan melalui selatan, saya yakin para pemudik akan terinspirasi bahwa ada potensi dan kekuatan baru

Jalur Pansela Bangkitkan Potensi Ekonomi Baru
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ilustrasi.Suasana Jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/6/2016). Jalur Lingkar Nagreg merupakan jalur arus mudik dan arus balik bagi pemudik yang menuju Jawa Tengah melalui jalur selatan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah optimis bahwa keberadaan trans Jawa, khususnya jalur Pantai Selatan (Pansela) dapat memberikan efek domino bagi pembangunan peradaban perekonomian masyarakat.

Diharapkan, pemerintah daerah dan investor dapat bergerak cepat menggarap potensi-potensi lokal, untuk dijadikan pusat perekonomian baru yang berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko mengatakan, pembangunan jalur Pansela tidak hanya sebatas untuk mengurangi kepadatan lintas utara dan tengah Pulau Jawa.

Lebih dari itu, bertujuan juga untuk membuka akses pemerataan ekonomi di jalur selatan.

"Dengan pergerakan melalui selatan, saya yakin para pemudik akan terinspirasi bahwa ada potensi dan kekuatan baru yang perlu eksplorasi untuk kepentingan ekonomi kedepan," ujar Moeldoko kepada wartawan di Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Diyakini, banyak potensi lokal, mulai dari sumber daya alam hingga kekayaan budaya, yang bisa menjadi pemantik pembangunan ekonomi masyarakat, dalam jangka menengah dan panjang.

Adapun pembangunan sentra-sentra perekonomian tersebut nantinya disokong oleh berbagai sektor.

Mulai dari sektor ekonomi pertanian, ekonomi industri, ekonomi kreatif, pariwisata, hingga UMKM.

Dari sisi pertanian, keberadaan jalur Pansela itu akan mempermudah akses distribusi hasil panen, sehingga membuka peluang bagi pasar besar untuk mengambil langsung kepada para petani.

Di sektor industri, diharapkan akan muncul pabrik baik skala besar maupun menengah di kawasan tersebut, sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved