KM Sinar Bangun Karam di Danau Toba

Kementerian Perhubungan Berencana Rekrut 100 Warga Sekitar Danau Toba Jadi Syahbandar

Rekrutmen sebagai satu dari sekian cara, untuk mengantisipasi kejadian karamnya KM Sinar Bangun terulang kembali di masa datang.

Kementerian Perhubungan Berencana Rekrut 100 Warga Sekitar Danau Toba Jadi Syahbandar
TRIBUNNEWS.COM/APFIA
Menteri Budi Karya Sumadi saat ditemui Kementerian Perhubungan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana merekrut 100 penduduk di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, untuk dipekerjakan sebagai syahbandar.

Rekrutmen sebagai satu dari sekian cara, untuk mengantisipasi kejadian karamnya KM Sinar Bangun terulang kembali di masa datang.

"Kami akan langsung meng-hire kira-kira 100 penduduk yang akan ditugaskan sebagai petugas-petugas, atau semacam syahbandar di 35 pelabuhan," ujar Menteri Budi Karya saat di temui di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Setelah rekrutmen, Kementerian Perhubungan menggelar pelatihan selama satu minggu terhadap 100 warga.

"Mungkin hari Kamis atau Jumat sudah ada pendidikan selama satu minggu, supaya setelah itu mereka melakukan itu," ujar Budi.

Diharapan 100 orang, yang memiliki peluang diangkat sebagai pegawai negeri sipil itu, mampu menentukan dan mengawal fungsi-fungsi pelabuhan secara benar.

Diharapkan ke depan, Danau Toba akan menjadi contoh penyeberangan danau dan sungai yang di kontrol oleh Kementerian Perhubungan.(*)

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help