Mendagri Sebut Anies Gubernur Rasa Indonesia, Ini Maksudnya

Yang paling berat (pekerjaannya) itu Pak Anies. Pak Anjes itu Gubernur DKI, tapi ya

Mendagri Sebut Anies Gubernur Rasa Indonesia, Ini Maksudnya
Rina Ayu/Tribunnews.com
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam acara APPSI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Anies Baswedan tak hanya menjadi gubernur DKI, tetapi gubernur Indonesia.

“Yang paling berat (pekerjaannya) itu Pak Anies. Pak Anjes itu Gubernur DKI, tapi ya (juga) Gubernur Indonesia. Beliau nggak bisa menghalangi penduduk dari Kaltara, dari Papua untuk masuk mencari pekerjaan di Jakarta,” kata Tjahjo saat memberikan sambutan di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (2/7/2018).

Menurut Tjahjo, Anies merupakan pimpinan dari berbagai daerah, berangkat dari kondisi di mana DKI Jakarta kini menjadi rumah bagi beragam penduduk dari banyak daerah di Indonesia.

"Karena kan kalau ingat gubernur dulu kan statement, kalau pas lebaran, mau mudik, melarang warga dari daerah membawa anggota keluarganya atau temannya ya gak bisa ini kan ibu kota," ujarnya.

Tjahjo pun mengaperiasi sikap Anies yang perbolehkan pendatang masuk ke ibu kota sepanjang memenuhi syarat, dengan menyebut DKI Jakarta milih Indonesia.

"Pak anies kan menampung semua (warga dari luar daerah). Kami mengapreasi, bahwa DKI milik seluruh warga Indonesia, semua orang boleh datang ke Indonesia. Kalau mau tinggal harus urus ktpnya, kalau dia mau pindah atau sementara itu aja," tutur mantan Sekjen PDIP itu.

Meski demikian, ia enggan mengkomentari nama Anies Baswedan yang digadang-gadang menjadi cawapres terkait sebutan gubernur rasa Indonesia itu.

"Tanya pak Anies, saya gak ada urusannya," ujarnya.

Tjahjo sebelumnya mengukuhkan susunan dewan kepengurusan APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia).

Selain Anies, hadir juga pada kesempatan itu, Gubenernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Sulteng Longku Djanggola, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M Iriawan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved