Gempa di Lombok

TGB Imbau Masyarakat Sumbang Darah untuk Selamatkan Korban Gempa

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi meminta masyarakat yang sehat untuk menyumbangkan darahnya

TGB Imbau Masyarakat Sumbang Darah untuk Selamatkan Korban Gempa
TRIBUN/DANY PERMANA
Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, LOMBOK - Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi meminta masyarakat yang sehat untuk menyumbangkan darahnya guna membantu korban gempa yang membutuhkan.

Dikatakan TGB, saat ini pihaknya sedang fokus menyelamatkan korban baik yang masih tertimpa bangunan maupun yang sudaha beada di rumah sakit.

Baca: KPK Tidak Ajukan Banding Atas Vonis 6 Tahun Penjara Terhadap Anang Sugiana

"Untuk masyarakat yang mengungsi, pemerintah daerah segara melakukan penyediaan logistik, berupa makanan, minuman maupun obat-obatan yang sangat krusial untuk para korban," kata TGB usai melakukan evakuasi korban gempa, Senin (6/8/2018).

Sejak tadi malam hingga jelang sore ini, TGB mengunjungi korban gempa di sejumlah rumah sakit di Mataram hingga ke tenda-tenda penampungan di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Dalam lawatannya, TGB menegaskan bahwa yang lebih diperlukan saat ini adalah kebutuhan darah.

Baca: Tercatat Sudah 176 Kali Gempa Susulan Terjadi di Lombok Hingga Hari ini

Rata-rata menurutnya korban mengalami luka berat, seperti patah tulang dan luka terbuka.

"Untuk itu kami mengimbau pada masyarakat yang sehat, untuk membantu masyarakat terdampak gempa, baik di lokasi maupun di rumah sakit, untuk mendonorkan darah sebagai bantuan paling riil saat ini," ujar TGB.

TGB juga meminta maaf yang sebesar-besarnya atas keterbatasannya, sehingga membuat penanganan musibah gempa NTB belum dapat menjangkau seluruh wilayah dan korban terdampak secara optimal dan merata.

Baca: Sejumlah Pengurus GNPF Ulama Sambangi Kediaman Prabowo Subianto

Namun, pihaknya bersama seluruh jajaran pemerintah daerah terdampak, TNI, Polri, BPBD, Badan SAR, tim medis, relawan-relawan dan juga seluruh unsur masyarakat NTB terus berikhtiar semaksimal mungkin untuk mempercepat rehabilitasi, evakuasi, pemulihan hingga memulai rekonstruksi fisik dan non-fisik.

"Termasuk mengevakuasi wisatawan dari Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan ke Mataram dan bandara Lombok Internasional Airport di Praya," ujar TGB.

Dia berharap semoga bantuan moril, materiil dan khususnya doa dari seluruh rakyat Indonesia memberikan energi dan semangat untuk terus bekerja menanggulangi musibah ini secepat dan sebaik mungkin.

"Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu meridhoi, memberkahi dan merahmati setiap ikhtiar kami menangani musibah ini. Dan terus melimpahi kami dengan kekuatan, ketabahan dan kesabaran selalu menghadapinya. Aamiin," ucap TGB.

Tidak lupa TGB mengajak warganya untuk percaya dan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT yang selalu melindungi dan memberikan kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menjalani musibah ini.

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved