Gramedia Back to Campus

Tampilkan Kreasi Mudamu Menjadi Inspirasi Bersama Gramedia Back to Campus

Tahun ini Gramedia Back To Campus kembali diadakan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Setelah sukses diadakan di 14 kota di Indonesia,

Tampilkan Kreasi Mudamu Menjadi Inspirasi Bersama Gramedia Back to Campus
TRIBUNNEWS.COM/IST
Gramedia Back To Campus kembali digelar di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Setelah sukses diadakan di 14 kota di Indonesia, tahun ini Gramedia Back to Campus kembali hadir untuk menginspirasi mahasiswa Indonesia di 8 kota. Kegiatan ini pertama kali digagas oleh PT Gramedia Asri Media dalam menyambut tahun ajaran baru mahasiswa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun ini Gramedia Back To Campus kembali diadakan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Setelah sukses diadakan di 14 kota di Indonesia, tahun ini Gramedia Back to Campus kembali hadir untuk menginspirasi mahasiswa Indonesia di 8 kota. Kegiatan ini pertama kali digagas oleh PT Gramedia Asri Media dalam menyambut tahun ajaran baru mahasiswa.

Gramedia Back to Campus
Gramedia Back to Campus (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini Gramedia mengangkat tema #BERANIBERINOVASI dengan menggandeng Ritter Sport sebagai brand cokelat ternama di Indonesia yang memiliki segmen konsumen kalangan remaja dan mahasiswa. Gramedia dan Ritter Sport memiliki misi yang sama dalam berbagi dan memberikan inspirasi pemuda Indonesia untuk berani menerapkan inovasi yang mereka miliki agar mampu bersaing di era millenial.

Tema tersebut dipilih berdasarkan perkembangan zaman yang semakin maju dengan munculnya dunia digital. Dalam perkembangan dunia digital, khalayak disarankan untuk dapat melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman yang semakin terus berkembang untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dan dapat bermanfaat untuk orang lain. Tujuan dalam tema tersebut adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam berani menuangkan ide-ide yang kreatif dan inovatif.

Gramedia Back to Campus.
Gramedia Back to Campus. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Acara sesi pagi dibuka pukul 09.00 WIB dengan berbagai kegiatan outdoor dari Ritter Sport, Gramedia Kids, dan Teeny Teensy  yang bertujuan untuk membangun aktifitas dan kreatifitas mahasiswa dalam menuangkan ide-ide yang inovatif. Kegiatan outdoor yang dilaksanakan adalah t-shirt painting, games puzzle, ular tangga, dan permainan lain yang antusias diikuti oleh mahasiswa.

Pendaftaran seminar #BeraniBerinovasi mulai dibuka pukul 11.30 WIB. Sebagai tiket masuk, peserta diberikan pin dan cokelat dari Ritter Sport sebagai bukti partisipasi dalam acara tersebut. Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta sama saja sudah ikut menyumbangkan menyumbang Rp 5.000 untuk perbaikan perpustakaan Sekolah Dasar (SD) di desa kecil di Bali. 

Gramedia Back to Campus.
Gramedia Back to Campus. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Acara secara resmi dibuka oleh Rektor UMN, Bapak Dr. Ninok Leksono, MA dan Bapak Heri Darmawan sebagai Direktur Marketing merchandising PT Gramedia Asri Media. Dalam sambutannya, Rektor UMN menyampaikan bahwa inovasi merupakan hal yang sangat penting diterapkan bagi institusi pendidikan.  Inovasi yang dibuat bisa dalam bentuk fasilitas, metode pengajaran, dan sarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Sebagai bukti penerapannya, Universitas Multimedia Nusantara membangun Laboratorium Artificial Intelligence guna mempersiapkan mahasiswa UMN untuk menjadi data scientist yang siap bekerja di dunia industri. Dengan fasilitas, sarana, prasarana yang menunjang tersebut diharapkan mampu melahirkan inovasi baru dari para civitas nya.

Gramedia Back to Campus.
Gramedia Back to Campus. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Pembicara yang dihadirkan dalam acara ini adalah public figure yang sudah menerapkan inovasi dalam perjalanan karir nya, yaitu Dimas Djayadiningrat selaku sutradara dan Kunto Aji sebagai musisi. Dimas Djayadiningrat menyampaikan materi mengenai digital content creative yang diminati oleh khalayak masa kini. Dengan berbagai pengalamannya membuat film, video clip, dan iklan yang khas dan selalu menjadi trending topic, Dimas Djay memberikan gambaran kepada mahasiswa untuk berani memulai inovasinya. Menurutnya, ide yang mengendap di kepala hanya akan menjadi konsep, tapi ide yang diterapkan akan menjadi sebuah karya. Kunto Aji sebagai seorang musisi yang memulai karirnya dari sebuah ajang pencarian bakat menceritakan perjalanan karirnya hingga menjadi seorang musisi ternama tahan air saat ini. Tidak ingin hanya menjadi “ikut-ikutan” trend, Kunto Aji memulai debutnya dengan membuat ciri khas tersendiri pada karya musiknya hingga membuat label musik dan management sendiri dengan nama “Kunto Aji”.

Gramedia Back to Campus.
Gramedia Back to Campus. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Dengan mengikuti event ini diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk terus mengapresiasikan hasil karya mereka dan berani merealisasikan inovasi yang mereka miliki. Rangkaian roadshow selajutnya akan diselenggarakan di 7 kota berikutnya yaitu Surabaya (Universitas Airlangga), Purwokerto (Universitas Jendral Soedirman), Yogyakarta (Universitas Gajah Mada), Makassar (Universitas Negeri Makassar), Medan (Universitas Negeri Medan), Malang (Universitas Negeri Malang) dan Bali (Universitas Udayana). 

Penulis: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help