Transhub Challenge 2018, Ajang Ciptakan Inovasi Baru Bidang Trasportasi

"Saya menginisiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (BalitbangKemenhub)bekerja dengan umum dan juga mahasiswa."

Transhub Challenge 2018, Ajang Ciptakan Inovasi Baru Bidang Trasportasi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono (kanan) dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (BalitbangKemenhub) Sugihardjo (kiri), berfoto bersama para pemenang Transhub Challenge 2018 saat Gala Dinner LombaTranshub Challenge 2018 di Jakarta, Kamis (13/9) 

LaporanWartawan Tribunnews.com, Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menginisiasi sebuah ajang kompetisi kreativitas yang menghasilkan inovasi baru dalam dunia perhubungan yakni Transhub Challenge 2018.

Transhub Challenge merupakan kompetisi proposal bisnis mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan transportasi yang lebih baik di masadepan.

"Saya menginisiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (BalitbangKemenhub)bekerja dengan umum dan juga mahasiswa. Untuk menghasilkan suatu inovasi yang ada hubungannya dengan perhubungan dan sedikit dengan IT," papar Menhub Budi dalam konferensi pers di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Latar belakang dibuatnya kompetisi ini adalah untuk mengubah paradigma tentang penelitian yang melibatkan seluruh potensi dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Ajang ini pun dijadikan sebagai terobosan dalam mencari ide yang terkait pada layanan dan keselamatan transportasi.

transhub

Transhub Challenge diikuti oleh 214 peserta yang terbagi dalam dua kategori, yakni mahasiswa dan umum. Dari seluruh peserta tersebut terdapat 10 finalis dari masing-masing kategori dan ditentukan juara 1, 2, dan 3 pada tiap kategori dengan total hadiah sebesar Rp 200 juta.

Juara III kategori umum Transhub Challenge 2018
Juara III kategori umum Transhub Challenge 2018 yang diwakili Ridho Irawan (kiri) dan Andika Priyandana mempresentasikan Aplikasi Big Data yang mengumpulkan (crawling) data dengan bantuan perangkat keras satelit dan alat yang melekat di kendaraan (IoT) bernama Mata Garuda, saat seleksi Presentasi Lomba Transhub Challenge 2018 di Jakarta, Rabu (12/9)

Balitbang Kemenhub juga menjanjikan untuk melindungi hak cipta pada tiap peserta lomba.

"Transhub Challenge kali ini diikuti 214 peserta. Kami janjikan dari Balitbang akan melindungi property right dari peserta," ujar Kepala Balitbang Kemenhub, Sugihardjo dalam laporan pemenang Transhub Challenge.

transhub

Dari kategori umum juara pertama diraih oleh Munawir Bangsawan, dan Reslyana Dwitasari yang menggagas aplikasi Log-In dan juara kedua diraih oleh Farisya Adzkia, Presteniko Septi Rahadian, dan IzzulHaq Al Hakam dengan aplikasi Trainsity.

Sedangkan juara ketiga diraih oleh Ridho Irawan, Andika Priyandana, dan William Tansil yang menggagas aplikasi Mata Garuda.

Sementara pada kategori mahasiswa, juara pertama diraih oleh Prasetyo yang menggagas aplikasi Shar C dan juara kedua diraih oleh Arif Riansyah dan Edrian Hamidjaya dengan aplikasi Consecure.

Sedangkan juara ketiga diraih oleh Arrifah Ratna Sari dan Hasan Bisri yang menggagas aplikasi Nitih-Nitih.

Penulis: Brian Priambudi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help