Pemilu 2019

KPU Diminta Segera Tindaklanjuti Putusan MA

"Yang penting, biar tidak menjadikan persoalan di kemudian hari secepatnya tanggal 20 (September,-red) sudah ada DCT," ujar Abhan

KPU Diminta Segera Tindaklanjuti Putusan MA
Tribunnews.com/Glery
KPU RI diminta segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai uji materi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 26 Tahun 2018 yang melarang mantan koruptor mendaftarkan diri sebagai bacaleg. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bawaslu RI, Abhan, meminta KPU RI segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai uji materi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 26 Tahun 2018 yang melarang mantan koruptor mendaftarkan diri sebagai bacaleg.

Baca: Jika Menang Pilpres 2019, Prabowo Jamin Kepulangan Habib Rizieq

Menurut dia, upaya tindaklanjut putusan itu harus dilakukan dalam waktu segera, karena pada tanggal 20 September 2019 merupakan waktu untuk penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pileg 2019.

"Yang penting, biar tidak menjadikan persoalan di kemudian hari secepatnya tanggal 20 (September,-red) sudah ada DCT," ujar Abhan, ditemui di kantor KPU RI, Minggu (16/9/2018).

Jika, melihat putusan MA itu, dia menjelaskan, putusan itu dibagi ke dalam tiga klasifikasi. Klasifikasi pertama adalah bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (DCT) dan mengajukan sengketa ke Bawaslu.

Untuk klasifikasi pertama itu, kata dia, terdapat 41 bacaleg, 3 DPD RI dan 38 DPRD kabupaten/kota yang sudah mengajukan sengketa penetapan DCS ke Bawaslu RI.

"Sudah diberikan putusan dan dalam putusan sudah memenuhi syarat. Sudah selelsai, sengketa permohonan itu sudah selesai," kata dia.

Sementara itu, klasifikasi kedua, menurut dia, bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU RI, namun, tidak mengajukan sengketa ke Bawaslu RI.

"Oleh partai tidak pernah dicabut atau diganti. Menurut kami juga termasuk," kata dia.

Sedangkan, klasifikasi ketiga, dia menambahkan, bacaleg yang dinyatakan TMS oleh KPU. Partai politik telah melakukan pergantian terhadap bacaleg tersebut.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved