Pengamat: Usung AHY Capres 2024, Demokrat Harus Evaluasi Terkait Hengkangnya Kader-kader Terbaiknya

Mundurnya banyak kader terbaik itu, menurut Hendri Satrio, juga akan berdampak pada tergerusnya suara Partai Demokrat di Pileg 2019

Pengamat: Usung AHY Capres 2024, Demokrat Harus Evaluasi Terkait Hengkangnya Kader-kader Terbaiknya
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhono saat menyampaikan pidato politiknya dalam acara HUT Ke-17 Partai Demokrat di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). Acara itu mengangkat tema Utamakan Rakyat dan Bangun Politik Yang Beradab. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai Partai Demokrat harus segera melakukan evaluasi terkait banyaknya kader terbaiknya mundur dari partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Demokrat tampaknya harus segara berbenah diri dan melakukan evaluasi-evaluasi terkait ingin hengkang atau hengkangnya beberapa kader terbaiknya ke kubu Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin," ujar pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI ini kepada Tribunnews.com, Rabu (19/9/2018).

Baca: Demokrat Sayangkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Nyatakan Dukungan ke Jokowi di Istana

Diketahui, mantan Gubernur NTB Tuanku Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah, mengundurkan diri dari partai.

Mundurnya banyak kader terbaik itu, menurut Hendri Satrio, juga akan berdampak pada tergerusnya suara Partai Demokrat di Pileg 2019.

Kenapa perlu dilakukan evaluasi?

Hendri menyakini Demokrat tengah memandang Pilpres 2024 untuk mencalonkan putera sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Calon Presiden (Capres).

Namun menurut dia, mimpi meraih bertarung di Pilpres 2019 akan buyar, bila Partai Demokrat tidak segera mencegah kepindahan dan keluarnya kader-kader terbaiknya.

"Kepindahan-kepindahan ini harus segera dicegah. Bahkan Demokrat harus mempersiapkan kader-kader terbaiknya untuk menapak atau menyambut 2024," jelasnya.

Bila hal itu tidak segera dilaksanakan, menurut dia, bukan tidak mungkin Demokrat akan kesulitan untuk meraih suara terbaik di Pileg 2019 ini.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved