Bareskrim Selidiki Penerbitan Medium Term Notes oleh SNP Finance

Penyelidikan akan dilakukan, sebab Bareskrim Polri juga mengendus adanya modus kejahatan yang dilakukan Sunprima dalam penerbitan MTN tadi.

Bareskrim Selidiki Penerbitan Medium Term Notes oleh SNP Finance
KONTAN/MUHAMMAD AFANDI
Gelar barang bukti dan tersangka SNP Finance 

Laporan Reporter Kontan, Anggar Septiadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Setelah membongkar pembobolan 14 bank oleh PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance), Bareskrim Polri menyatakan juga akan menyelidiki soal penerbitan Medium Terms Notes (MTN) Sunprima.

"Iya, soal itu (penerbitan MTN) juga akan diselidiki, karena itu juga merupakan bagian kejahatannya (Sunprima)," kata Wakil Direktur Tindak Pindana Khusus Bareskrim Polri Daniel Silitonga saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (24/9).

Penyelidikan akan dilakukan, sebab Bareskrim Polri juga mengendus adanya modus kejahatan yang dilakukan Sunprima dalam penerbitan MTN tadi.

"Mereka menawarkan untuk memberikan bunga yang tinggi kepada pembeli (MTN)," lanjut Daniel.

Baca: Manajemen SNP Finance Bantah Angka Rp 14 Triliun Dana yang Dibobol dari 14 Bank

Dari penelusuran Kontan.co.id, Sunprima setidaknya telah merilis 21 seri MTN dengan nilai perseri berkisar Rp10 miliar-Rp200 miliar sementara variasi bunga berkisar 9,85%-13%.

Sebelumnya, dalam gelar perkara di Bareskrim Polri, Daniel menjelaskan bahwa Sunprima telah melakukan pidana penipuan, pemalsuan, penggelapan, dan pencucian uang terhadap 14 bank dengan nilai total kerugian mencapai Rp14 triliun.

Piutang Konsumen Fiktif

Penyelidikan berawal dari laporan Bank Panin, yang merasa dirugikan atas tindakan Sunprima. Panin memberikan plafon kredit kepada Sunprima senilai Rp425 miliar sejak Mei 2016 hingga September 2017.

Dalam mendapatkan kredit ini, Sunprima, yang merupakan anggota Grup Columbia menjaminkan piutang konsumen fiktif. 

Baca: Defisit Transaksi Berjalan di uartal III 2018 Masih Akan Tetap Tinggi

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help