Menlu RI dan Menlu Palestina Resmikan Road to Freedom di Bandung

Ia menyebutkan, Bandung adalah salah satu kota yang erat dalam sejarah dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina

Menlu RI dan Menlu Palestina Resmikan Road to Freedom di Bandung
Dok. Kemlu RI
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, serta Walikota Bandung Oded M Danial, meresmikan Palestine Walk: Road to Freedom, atau taman sepanjang 100 meter, di Jalan Alun-alun Timur, Bandung, Sabtu (13/10/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, serta Walikota Bandung Oded M Danial, meresmikan Palestine Walk: Road to Freedom, atau taman sepanjang 100 meter, di Jalan Alun-alun Timur, Bandung, Sabtu (13/10/2018).

“Palestine Walk menggambarkan dukungan dan komitmen masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bandung terhadap perjuangan rakyat Palestina dan sebagai pengingat agar semangat perjuangan tersebut tetap beresonasi di hati kita” jelas Menlu Retno dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI.

Baca: Ditjen PAS Beri Waktu 10 Hari Napi yang Kabur dari Lapas dan Rutan di Sulteng Laporkan Diri

Retno menuturkan, ada alasan khusus dipilihnya Bandung menjadi tempat pembangunan taman tersebut.

Ia menyebutkan, Bandung adalah salah satu kota yang erat dalam sejarah dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

Pernah menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama tahun 1955, di mana salah satunya menghasilkan dukungan negara-negara Asia dan Afrika untuk kemerdekaan Palestina.

Kemudian sejarah berulang dalam pertemuan KAA tahun 2005 dan tahun 2015 di Bandung. Tugu Monumen KAA sebagai salah satu titik akhir.

“Dukungan bangsa Indonesia tidak akan pernah luntur hingga Rakyat Palestina memperoleh kemerdekaannya, Palestina selalu ada dalam nafas diplomasi Indonesia” tegas Menlu Retno.

Mantan Dubes RI untuk Belanda ini mengatakan, Palestine Walk melambangkan harapan pencapaian kemerdekaan Palestina yang menjadi tujuan besar negara-negara anggota KAA.

Menlu RI dan Menlu Palestina direncanakan juga akan melakukan pertemuan konsultasi bilateral yang pertama pada 16 Oktober 2018 mendatang.

Pertemuan tersebut akan menjadi wadah untuk menerjemahkan hubungan baik menjadi kerja sama konkrit.

Baca: Sebagai Sentra Peradaban, Emha Ainun Nadjib Dijadwalkan Berdialog di Pelabuhan Samarinda

Menlu Retno dan Menlu Maliki direncanakan akan menandatangani perjanjian dan menyaksikan penandatanganan sejumlah kesepakatan kedua negara.

Selama kunjungan ke Indonesia Menlu Maliki juga akan berdiskusi dengan para tokoh masyarakat, pemuka lintas agama dan filantropis Indonesia dan dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI, Joko Widodo dan DPR RI.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help