DPR Dorong Jokowi Angkat 1,2 juta Guru Honorer Jadi PNS

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Presiden Jokowi segera memberikan kepastian bagi nasib 1,2 juta para guru honorer.

DPR Dorong Jokowi Angkat 1,2 juta Guru Honorer Jadi PNS
surya/hanif manshuri
Aksi massa guru honorer kategori dan non kategori Lamongan. Dengan berbagai luapan hatinya dituangkan di spanduk dan karton rentang. Mereka takut nikah karena gajinya kecil, Selasa (2/10/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Presiden Jokowi segera memberikan kepastian bagi nasib 1,2 juta para guru honorer.

"‎Pak Jokowi sangat perlulah 1,2 juta guru honorer segera ditetapkan jadi guru tetap dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sama seperti saat bebaskan Tol Suramadu jadi gratis, tetapkan juga dong 1,2 juta guru jadi tetap," ucap anggota DPR RI, Effendi Simbolon dalam diskusi bertajuk : Vokasi dan Ironi Pendidikan di Era Mileneal, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Effendi melanjutkan pengangkatan 1,2 juta guru honorer ini tentunya sangat dinanti-nantikan karena selama ini para guru honorer sudah sering menyuarakan nasib mereka hingga melakukan aksi turun ke jalan.

Lebih lanjut politisi PDI-Perjuangan ini juga mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam memperhatikan kesejahteraan guru honorer. Ini karena tidak tampak dalam alokasi APBN.

"Makanya kami bertanya-tanya juga ke Menteri Keuangan, kan banyak fiskal lain dipotong kenapa kemudian tidak dialokasikan," imbuhnya.

Baca: KSP Sebut Tiga Alternatif Solusi untuk Guru Honorer Sedang Digodok Pemerintah

Terakhir Effendi juga memahami bahwa tidak bisa seluruh tenaga guru honorer diangkat sekaligus. Meski begitu kepastian harus tetap‎ diberikan karena mereka adalah pahlawan pendidikan.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved