Hari Pahlawan

Ribuan Warga Binaan Rayakan Hari Pahlawan Terpusat di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang

Sekitar 250 ribu narapidana, tahanan seluruh Indonesia saling terkoneksi antar setiap wilayah lewat sebuah video teleconference

Ribuan Warga Binaan Rayakan Hari Pahlawan Terpusat di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
ratusan ribu warga binaan dalam acara bertajuk "The Gatehring of Heroes" yang terpusat di Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kota Tangerang. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November, turut diperingati oleh ratusan ribu warga binaan dalam acara bertajuk "The Gatehring of Heroes" yang terpusat di Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kota Tangerang.

Sekitar 250 ribu narapidana, tahanan seluruh Indonesia saling terkoneksi antar setiap wilayah lewat sebuah video teleconference yang dipusatkan di Lapas Pemuda Tangerang ini.

Acara ini juga di hadiri oleh Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami, kepala Kanwil Kemenkumham Banten Sutrisman, serta jajaran dan para Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham.

Mengawali acara dengan pertunjukan musik dari para CPNS Kemenkumham yang membawakan lagu dari grup band Cokelat - Bendera, seraya menampilkan parade kostum-kostum adat dan seragam zaman kolonial.

Kemudian mereka turut bersuara untuk menyampaikan pesan-pesan yang dikutip dari para pahlawan Indonesia dengan balutan puisi.

Salah satu yang mereka bacakan adalah pesan dari Bung Tomo. Bung Tomo sendiri adalah salah satu pahlawan yang membangkitkan semangat bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda melalui tentara NICA.

Baca: Tragedi Surabaya Membara, 3 Korban Tewas dan 20 Luka-luka

Dimana pertempuran tersebut berakhir pada 10 November 1945, dan kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

"Jangan memperbanyak lawan, tapi perbanyaklah kawan. Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah, yang dapat membikin secarik kain putih. Merah dan putih. Maka selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun," pesan Bung Tomo yang dibacakan salah seorang CPNS Kemenkumham, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu (10/11/2018).

"Uhh, luar biasa," ungkap Sri Puguh dalam pidatonya mengomentari rangkaian kemeriahan pertunjukan tersebut.

Dia menjelaskan, perayaan Hari Pahlawan ini serentak dilaksanakan sekitar 400 lapas rutan yang ada di Indonesia.

Selain itu, Sri Puguh juga sempat menyumbangkan lagu karya Ismail Marzuki - Indonesia Pusaka, dinyanyikan oleh seluruh mereka yang hadir.

Hari Pahlawan bertajuk "The Gathering of Heroes" sendiri bertujuan agar warga binaan dapat mempunyai semangat baru untuk hidup lebih baik. Sehingga, dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat sesuai dengan tujuan Pemasyarakatan yaitu re-integrasi sosial.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved