Gandeng Auditor Swasta, Pengacara Chuck: Bukti Jaksa Agung Tak Percaya BPK

Kuasa hukum Chuck, Sandra Nangoy menilai Jaksa Agung Prasetyo sudah seperti kehilangan arah untuk membuktikan dugaan korupsi kliennya.

Gandeng Auditor Swasta, Pengacara Chuck: Bukti Jaksa Agung Tak Percaya BPK
TRIBUNNEWS.COM/Theresia Felisiani
Chuck Suryosumpeno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejaksaan Agung terus melakukan manuver untuk membuktikan kesalahan jaksa Chuck Suryosumpeno terkait dugaan korupsi aset Hendra Rahardja.

Salah satunya dengan menggaet Kantor Jasa Penilai Publik Kampianus Roman untuk menghitung kerugian negara senilai Rp 32.597.000.000.

Menyikapi hal tersebut, kuasa hukum Chuck, Sandra Nangoy menilai Jaksa Agung Prasetyo sudah seperti kehilangan arah untuk membuktikan dugaan korupsi kliennya.

"Sebagai penegak hukum, seharusnya Jaksa Agung bisa 'update' peraturan terbaru soal siapa yang berwenang menghitung serta men-declare kerugian negara," kata Sandra di Jakarta.

Menurut Sandra, instansi yang berwenang menyatakan ada tidaknya kerugian keuangan negara adalah Badan Pemeriksa Keuangan yang memiliki kewenangan konstitusional.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran MA (SEMA) No.4 Tahun 2016.

Sedangkan instansi lainnya, kata Sandra, seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan/Inspektorat/Satuan Kerja Perangkat Daerah tetap berwenang melakukan pemeriksaan dan audit pengelolaan keuangan negara.

"Namun, tidak berwenang menyatakan atau men-declare adanya kerugian keuangan negara. Dalam hal tertentu, hakim berdasarkan fakta persidangan dapat menilai adanya kerugian negara dan besarnya kerugian negara," kata dia.

Sandra juga mempertanyakan aksi Jaksa Agung yang menunjuk KJPP Kampianus Roman untuk menilai kerugian negara.

Baca: Soroti Pernyataan Jokowi Soal Politikus Genderuwo, Iwan Fals: Abis Ini Apalagi Ya

Berdasarkan penelusurannya, KJPP tersebut pernah dibekukan Menteri Keuangan Sri Mulyani, melalui Keputusan Nomor 780/KM.1/2016 tanggal 8 Agustus 2016.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved