Pilpres 2019

Tim Jokowi: Wajar SBY Gelisah, Capres-Cawapres hingga Tim Sukses Semua Didominasi Kader Gerindra

Wajar jika Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono gelisah jelang pemilihan umum 2019.

Tim Jokowi: Wajar SBY Gelisah, Capres-Cawapres hingga Tim Sukses Semua Didominasi Kader Gerindra
KOMPAS.com/IHSANUDDIN
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di rumahnya di Jakarta, Senin (30/7/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional Jokowi-Mar'uf menyebut wajar jika Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) gelisah jelang pemilihan umum 2019.

Sebelumnya, SBY berujar pemilu 2019 dilaksanakan secara serentak dan survei membuktikan partai politik yang memiliki calon presiden sangat diuntungkan, seperti PDIP dengan sosok capres Joko Widodo dan Gerindra dengan sosok Prabowo Subianto.

Merespon pernyataan itu, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan apa yang disampaikan SBY merupakan teori ekor jas.

Artinya, yang diuntungkan oleh pemilu adalah partai-partai yang memiliki capres atau cawapres.

"Tentu kegelisahan pak SBY sesuatu yang wajar, apalagi di kubu Prabowo itu, posisi Gerindra sangat dominan, di mana calon presiden, calon wapres, tim sukses, semuanya didominasi oleh kader-kader Gerindra," ujar Karding saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (10/11/2018).

Baca: SBY: Suara Parpol yang Tak Punya Capres/Cawapres dari Kadernya, Suaranya Anjlok, Itu Realitas!

Menurut Karding, yang dirugikan dalam Koalisi Adil dan Makmir adalah partai selain Gerindra, yakni Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional.

Berbeda dengan TKN Jokowi-Ma'ruf, ucap Karding, seluruh partai koalisi memiliki porsi yang sama di dalam mengisi jabatan tim kampanye.

"Baik ditingkat pusat maupun tingkat daerah, walaupun PDIP pemenang, tetapi ketua-ketua Tim Kampanye Daerah banyak dari Golkar, banyak dari Nasdem, PKB, dan lain-lain. Itulah salah satu cara kita," tutur Karding.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved