Yasonna: Semoga Hari Disabilitas Dunia Jadi Momentum Pemerintah Tingkatkan Pemenuhan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar peringatan Hari Disabilitas Dunia ke-70 pada Kamis (6/12/2018).

Yasonna: Semoga Hari Disabilitas Dunia Jadi Momentum Pemerintah Tingkatkan Pemenuhan HAM
Tribunnews.com/Rizal B
Dirjen HAM Mualimin Abdi membuka peringatan Hari Disabilitas Sedunia di Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar peringatan Hari Disabilitas Dunia ke-70 pada Kamis (6/12/2018).

Menkumham, Yasonna H Laoly pada awalnya direncanakan hadir sebagai ‘keynote speaker’ sekaligus membuka acara tersebut.

Namun pihak panitia mempertontonkan sambutan dari Yasonna H Laoly dalam bentuk video.

Yasonna mengatakan pihaknya berharap Hari Disabilitas Dunia menjadi momentum pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Indonesia untuk meningkatkan pemenuhan HAM bagi penyandang disabilitas.

“Kita semua mengakui negara masih perlu melakukan pemenuhan hak asasi manusia terutama bagi penyandang disabilitas, sehingga kami harap peringatan hari disabilitas dunia menjadi momentum pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan, menghormati pemenuhan HAM,” ungkap Yasonna.

Baca: Menkumham Yasonna Laoly Rekam Langsung Aksi Teror di Australia

Sementara Dirjen HAM, Mualimin Abdi yang menggantikan Yasonna menyampaikan sambutan mengatakan bahwa pemenuhan hak asasi penyandang disabilitas dijamin oleh Pasal 5 Ayat 3 Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM.

“Dalam pasal itu disebutkan setiap orang yang termasuk kelompok masyarakat yang rentan berhak memperoleh perlakuan dan perlindungan lebih berkenaan dengan kekhususannya,” tegas Mualimin Abdi.

“Sehingga menjadi kewajiban negara memenuhi dalam hal penghormatan, penegakan, dan pemajuan HAM bagi penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved