Lembaga Legislasi Harus Diisi Pemimpin yang Berwibawa, Jangan 'abal-abal'

Keuntungan lainnya lanjut Sebastian Salang, badan legislasi bisa pula menjadi pusat studi dan tempat untuk menghimpun aspirasi publik.

Lembaga Legislasi Harus Diisi Pemimpin yang Berwibawa, Jangan 'abal-abal'
ISTIMEWA
Sebastian Salang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak pihak mendukung wacana dibentuknya lembaga legislasi. Termasuk dukungan juga datang dari ‎mantan Pendiri Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia ‎(Formappi), Sebastian Salang.

"‎Pertama ide untuk buat badan legislasi ini menurut saya harus didukung karena jika badan ini terbentuk, pemerintah pasti terbantu dalam mekansme perencanaan undang-undang," ungkapnya, dalam sebuah diskusi bertema : Perlukah Membentuk Badan Legislasi Pemerintah di daerah Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).

‎Keuntungan lainnya lanjut Sebastian Salang, badan legislasi bisa pula menjadi pusat studi dan tempat untuk menghimpun aspirasi publik. Dia berharap pemerintah serius untuk segera membentuk badan legislasi.

Terakhir, Sebastian Salang yang juga caleg ini berpesan agar orang yang akan memimpin lembaga tersebut haruslah benar-benar orang yang memiliki wibawa.

Baca: Pembentukan Lembaga Legislasi Pemerintah Diyakini Bisa Hindari Tumpang Tindih Regulasi

"Pemerintah harus serius jangan hanya bentuk lembaga lalu selesai. Cari orang yang tepat dan punya wibawa untuk komandan lembaga ini. Kalau nanti lembaga ini diisi oleh orang abal-abal, nanti DPR hanya melihat sebelah mata," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mewacanakan pembentukan lemnaga legislasi pemerintah karena selama ini sulit menangani obesitas regulasi di Indonesia.

Wacana ini diperkuat setelah Indonesia melihat Korea Selatan dan Amerika Serikat mampu menyelesaikan masalah regulasi secara satu pintu.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved